Search for collections on Undip Repository

ANALISA YURIDIS KONSEP PEMASARAN “GREENWASHING” YANG BERSIFAT MENYESATKAN, STUDI KOMPARATIF PENGATURAN DI AMERIKA SERIKAT DAN INDONESIA_093 Dagang 2023

Wulan, Retno Catur and Prananingtyas, Paramita and Irawati, Irawati (2023) ANALISA YURIDIS KONSEP PEMASARAN “GREENWASHING” YANG BERSIFAT MENYESATKAN, STUDI KOMPARATIF PENGATURAN DI AMERIKA SERIKAT DAN INDONESIA_093 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaranakanperubahaniklimtelahmenggerakkankonsumenuntukberalih pada produkramahlingkungan. Dalam melakukan kegiatan pemasaran hijau seringkali ditemukan sebuah praktik green washing,yaitu praktik pemasaran yang menggunakan klaim palsu ramah lingkungan. Berbeda dengan Amerika Serikat yang telah memiliki aturan khusus untuk mengatur praktik green washing, Indonesia belum memiliki aturan demikian. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis disparitas regulasi dan konsep pemasaran greenwashing yang terjadi di Amerika Serikat dan Indonesia. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan, terdapat perbedaan yang cukup signifikan mengenai pengaturan greenwashing di Amerika serikat dan Indonesia. Amerika Serikat telah memiliki panduan khusus untuk mengatur mengenai greenwashing, sedangkan di Indonesia hanya tersediaaturan yang berlaku umum. Selanjutnya, yang dimaksud dengan konsep pemasaran greenwashing yang terjadi di Amerika Serikat dan Indonesia merupakan kegiatan promosi produk menggunakan klaim ramah lingkungan yang bersifat menipu dan cenderung menyesatkan konsumen.

Kata Kunci: Pemasaran Hijau, Greenwashing,MenyesatkanKonsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:00
Last Modified: 26 Oct 2023 07:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item