Search for collections on Undip Repository

PELANGGARAN MEREK OLEH PELAKU USAHA DALAM PERDAGANGAN MELALUI PLATFORM TRANSAKSI ELEKTRONIK (MARKETPLACE)_094 Dagang 2023

Alzena, Siena Sania and Santoso, Budi and R. Suharto, R. Suharto (2023) PELANGGARAN MEREK OLEH PELAKU USAHA DALAM PERDAGANGAN MELALUI PLATFORM TRANSAKSI ELEKTRONIK (MARKETPLACE)_094 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disamping sisi positif perdagangan elektronik juga menimbulkan efek negatif seperti aktivitas melanggar hukum termasuk pelanggaran kekayaan intelektual, khususnya pelanggaran merek dagang yang dilakukan pelaku usaha sehingga dapat melanggar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tujuan daripada penulisan ini merupakan untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha yang melakukan pelanggaran merek melalui perdagangan transaksi elektronik di marketplace dan mengetahui tanggung jawab marketplace terhadap pelanggaran hak atas merek yang dilakukan pelaku usaha di platformnya. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif melalui inventarisasi, kajian dan analisis serta pemahaman hukum sebagai buku aturan atau norma positif dari sistem undang-undang. Dengan hasil studi menunjukan bahwa pelaku usaha yang melakukan pelanggaran merek dalam platform marketplace dapat dipastikan melanggar prinsip tanggung jawab. Selain dapat digugat secara perdata atas pelanggarannya, dapat juga diterapkan tuntutan pidana sesuai dengan Pasal100Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016.Pertanggungjawaban dari marketplace dalam hal ini dapat mengacu pada Pasal 15 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang secara implisit menyatakan pihak marketplace perlu bertanggungjawab terhadap beroperasinya sistem elektronik termasuk apabila sampai menyebabkan suatu kerugian bagi masyarakat atau pemilik merek yang dilanggar. Hukum Indonesia belum sepenuhnya mengatur secara spesifik tentang pelanggaran merek yang terjadi di platform elektronik, dengan begitu perlu adanya regulasi secara khusus penerapan hukum dan tindakan hukum yang tegas terhadap pelaku usaha yang melakukan pelanggaran merek dalam platform marketplace.
Kata kunci:Pelanggaran Merek, Transaksi Elektronik, Marketplace.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:56
Last Modified: 26 Oct 2023 06:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15767

Actions (login required)

View Item View Item