Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Sturges dan Average Based pada Fuzzy Time Series Markov Chain dalam Peramalan Harga Penutupan Saham PT. Aneka Tambang (ANTM)

Zakiyya, Siti Hanafiah (2023) Perbandingan Sturges dan Average Based pada Fuzzy Time Series Markov Chain dalam Peramalan Harga Penutupan Saham PT. Aneka Tambang (ANTM). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
FILE1_SITI HANAFIAH ZAKIYYA - Hanafiah.pdf

Download (621kB)
[img] Text
FILE2_SITI HANAFIAH ZAKIYYA - Hanafiah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
FILE3_SITI HANAFIAH ZAKIYYA - Hanafiah.docx

Download (97kB)

Abstract

"Peramalan merupakan suatu cara untuk meramalkan sesuatu di waktu mendatang. Fuzzy Time Series adalah Teknik peramalan data yang menggunakan kaidah fuzzy dasar. Fuzzy time series markov chain adalah salah satu metode fuzzy time series, yang merupakan metode hibrida fuzzy time series dengan rantai markov (markov chain). Sturges dan average based merupakan aturan yang digunakan untuk menentukan panjang dan jumlah interval. Dalam penelitian ini, penulis membandingkan sturges dan average based dalam ketetapan interval dalam metode fuzzy time series markov chain. Penulis menggunakan Mean Absolute Percentage (MAPE) dalam menghitung tingkat akurasi dari peramalan. Lalu dilihat ketetapan interval mana yang menghasilkan nilai MAPE yang lebih rendah. Pada harga penutupan saham PT. Aneka Tambang (ANTM) diperoleh bahwa average based lebih efektif dibandingkan sturges dengan nilai MAPE 0,88% untuk average based dan 1,04% untuk sturges.
Kata Kunci : peramalan, fuzzy time series, fuzzy time series markov chain, sturges, average based, MAPE"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Master Program in Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:01
Last Modified: 15 Jan 2024 02:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item