Search for collections on Undip Repository

Analisis Model Populasi Lobster Panulirus dengan Pemanenan Konstan pada Tahap Benih dan Tahap Dewasa

Dewi, Bias Sufi (2023) Analisis Model Populasi Lobster Panulirus dengan Pemanenan Konstan pada Tahap Benih dan Tahap Dewasa. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 Pendahuluan - b sufi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 3 Daftar Pustaka - b sufi.pdf

Download (720kB)

Abstract

"Peningkatan jumlah permintaan ekspor lobster berpengaruh terhadap keberlangsungan populasi lobster Panulirus di Indonesia. Dinamika populasi lobster Panulirus dimodelkan dengan model spesies tunggal yang dibagi menjadi tahap benih dan dewasa, adanya waktu tunda dan dipengaruhi oleh laju pemanenan pada tahap benih maupun dewasa. Analisis dinamika model dilakukan untuk mengetahui dampak pemanenan konstan pada tahap benih maupun lobster dewasa terhadap dinamika populasinya. Didapatkan hasil kestabilan sistem adalah stabil asimtotik lokal dan global di titik kesetimbangan tak nol saat laju pemanenan lobster dewasa kurang dari laju harapan hidup benih, dan sistem stabil asimtotik lokal dan global di titik kesetimbangan (0,0) saat laju pemanenan lobster dewasa lebih dari laju harapan hidup benih. Hasil simulasi numerik menunjukkan laju pemanenan benih berpengaruh terhadap perubahan populasi benih lobster dan waktu tunda berpengaruh terhadap perubahan populasi lobster dewasa.
Kata kunci : Model spesies tunggal, model struktur tahap, waktu tunda, kestabilan lokal, kestabilan global, Panulirus sp."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:34
Last Modified: 28 Aug 2023 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item