Search for collections on Undip Repository

Pemilihan Lokasi dan Penetapan Harga untuk Toko Ritel dalam Lingkungan yang Kompetitif Menggunakan Constrained Multinomial Logit dan Particle Swarm Optimization

Pangesti, Alifia Vidia (2023) Pemilihan Lokasi dan Penetapan Harga untuk Toko Ritel dalam Lingkungan yang Kompetitif Menggunakan Constrained Multinomial Logit dan Particle Swarm Optimization. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - Alifia Vidia Pangesti.pdf

Download (806kB)
[img] Text
File 2 - Alifia Vidia Pangesti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka - Alifia Vidia Pangesti.pdf

Download (400kB)

Abstract

Masalah optimasi merupakan bagian dari masalah riset operasi. Salah satu masalah optimasi, yaitu mencari keuntungan maksimal dalam penjualan. Keuntungan penjualan dapat diperoleh dengan cara memilih lokasi toko dan harga jual produk yang tepat. Pada Tugas Akhir ini, untuk mendapatkan keuntungan maksimal penjualan, perusahaan ritel akan membuka sejumlah toko tertentu sekaligus menentukan harga jual produk untuk masing-masing toko. Toko-toko tersebut diasumsikan menjual produk homogen sejenis dalam lingkungan yang kompetitif. Model Constrained Multinomial Logit (CMNL) dipilih untuk mengonstruksi model optimasi. Model ini digunakan untuk memprediksi probabilitas permintaan dengan utilitas konsumen yang dibatasi. Utilitas tersebut dibatasi oleh Maximum Willingness To Pay (MWTP). Utilitas utama yang mempengaruhi keputusan membeli, yaitu harga jual produk dan biaya perjalanan. Model optimasi yang dikonstruksi menggunakan CMNL menghasilkan bentuk nonlinear sehingga dipilih metode Particle Swarm Optimization (PSO) untuk menyelesaikannya. Hasil ilustrasi numerik untuk kasus perusahaan ritel yang ingin memaksimalkan keuntungan penjualan menghasilkan informasi bahwa utilitas konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan lokasi dan penetapan harga jual produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:27
Last Modified: 28 Aug 2023 04:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item