Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP HAK KONSUMEN PEMBUAT REVIEW ATAS PRODUK KOSMETIK DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS dr. RICHARD LEE DENGAN HELWA BEAUTYCARE)_076 Dagang 2023

Meunasa, Rika Gita and Prananingtyas, Paramita and Irawati, Irawati (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP HAK KONSUMEN PEMBUAT REVIEW ATAS PRODUK KOSMETIK DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS dr. RICHARD LEE DENGAN HELWA BEAUTYCARE)_076 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan jualbeli secara online membuat masyarakat selaku konsumen menjadi haus informasi atas suatu barang yang akan dibelinya. Melalui media sosial konsumen dapat memberikan kritik dan pendapatnya dalam berbagai cara seperti review produk kosmetik melalui kolomkomentar, foto, atau video yang membuat konsumen memiliki kebebasan untuk mengulas produk yang telah dibelinya dan membuat masyarakat dapat menilaiterlebih dulu sebelum membeli produk serupa. Review yang dilakukan konsumen tersebut terkadang justru membuat mereka harus terjerat kasus hukum karena dinilai mencemarkan nama baik dan merugikan perusahaan. Melalui masalah tersebut penulis bermaksud untuk meneliti pengaturan tentang review produk kosmetik yang dilakukan pada media sosial serta pelaksanaan perlindungan hukum bagi pembuat konten review tersebut. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan yuridis normatif dimana menggunakan peraturan perundang-undangan dan bahan pustaka untuk menghasilkan suatu konsep dalam menyelesaikan permasalahan yang diangkat dengan metode pengumpulan data melalui library research. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melakukan review merupakan hak individu yang dijamin dalam Pasal 28 F UUD 1945, Pasal 23 Ayat (2) UU tentang HAM, dan Pasal 19 Ayat (2) Kovenan Internasional Hak-Hak Sipil dan Politik serta Pasal 4 huruf c dan huruf d UUPK dengan tetap memperhatikan batasan norma dan etika yang berlaku. Perlindungan juga dapat diberikan pada tataran hukum normatif melalui pembuktian terbalik yang merupakan tanggungjawab dari pelakuusaha dan tataran hukum aplikatif melalui lembaga yang dapat menyelesaikan sengketa pada konsumenseperti BPKN, BPSK atau LPKSM.

Kata Kunci: Media Sosial, Konsumen, Review, Produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Konsumen, Review, Produk.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:54
Last Modified: 27 Oct 2023 07:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item