Search for collections on Undip Repository

PENENTUAN UNSUR KEBARUAN (NOVELTY) DALAM PATENTABILITAS BERDASARKAN PRIOR ART BERASAL DARI PUBLIC DOMAIN NEGARA LAIN TERHADAP PATEN YANG DIDAFTARKAN MENURUT HUKUM POSITIF DI INDONESIA_079 Dagang 2023

NASUTION, ERDANOE APRIYAN and Santoso, Budi and Prananingtyas, Paramita (2023) PENENTUAN UNSUR KEBARUAN (NOVELTY) DALAM PATENTABILITAS BERDASARKAN PRIOR ART BERASAL DARI PUBLIC DOMAIN NEGARA LAIN TERHADAP PATEN YANG DIDAFTARKAN MENURUT HUKUM POSITIF DI INDONESIA_079 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi berperan penting untuk mempermudah proses berjalan aktivitas manusia. Perlindungan hukum yang diberikan atas suatu teknologi adalah paten, yang diakomodir dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Suatu teknologi dapat memperoleh perlindungan paten apabila memenuhi seluruh unsur dalam patentabilitas. Salah satu unsur dalam patentabilitas adalah unsur kebaruan (novelty) yang diatur dalam Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Unsur kebaruan (novelty) akan terpenuhi apabila tidak ada teknologi (prior art) yang memiliki kesamaan dengan suatu invensi yang akan dimohonkan setelah memperoleh tanggal penerimaan. Beberapa jenis prior art memiliki metode pemenuhan yang berbeda dalam menentukan unsur kebaruan (novelty). Penulisan hukum ini akan membahas mengenai metode pemenuhan untuk menentukan adanya unsur kebaruan (novelty) dalam hal prior art yang berasal dari public domain pada negara lain, menjadi referensi dalam permohonan pendaftaran paten terhadap suatu invensi berdasarkan hukum positif di Indonesia. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis dan sistem pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penulisan klaim dan penelusuran paten dapat digunakan oleh inventor ataupun pemeriksa paten untuk menentukan terpenuhinya unsur kebaruan (novelty) apabila terdapat prior art yang berasal dari public domain pada negara lain sebagai referensi suatu invensi. Perlindungan hukum yang dapat diberikan terhadap invensi tersebut adalah perubahan permohonan pendaftaran paten agar tidak mendapatkan penolakan pendaftaran paten ataupun mengajukan permohonan banding melalui Komisi Banding Paten, gugatan melalui Pengadilan Niaga, ataupun kasasi melalui Mahkamah Agung, apabila permohonan paten tersebut mendapatkan penolakan.
Kata Kunci: Prior Art, Public Domain, Sistem Pendaftaran Paten

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:15
Last Modified: 27 Oct 2023 09:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item