Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SLEEVE GASTRECTOMY TERHADAP ATEROSKLEROSIS PADA OBESE DAN DIABETES MELITUS: Studi Eksperimental Sitokin Proinflamasi (Ekspresi gen TNF-α dan IL-1) di Aorta Abdominalis Tikus Sprague Dawley

Saputro, Addy and Prasetyo, Sigit Adi and Sobirin, Mochamad Ali (2022) PENGARUH SLEEVE GASTRECTOMY TERHADAP ATEROSKLEROSIS PADA OBESE DAN DIABETES MELITUS: Studi Eksperimental Sitokin Proinflamasi (Ekspresi gen TNF-α dan IL-1) di Aorta Abdominalis Tikus Sprague Dawley. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK_ADDY SAPUTRO)
ABSTRAK_ADDY SAPUTRO.pdf

Download (158kB)

Abstract

Pendahuluan: Obesitas saat ini merupakan masalah kesehatan global yang terus berkembang. Obesitas dengan diabetes mellitus (DM) dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Prosedur sleeve gastrectomy (SG) adalah salah satu pilihan yang secara signifikan dapat mengurangi berat badan sekaligus melindungi sistem kardiovaskular dengan mengontrol hiperglikemia dan sitokin proinflamasi. Penelitian ini mengevaluasi ekspresi gen Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-α) dan Interleukin-1 (IL-1) pada aorta abdominalis terhadap terjadinya aterosklerosis pada tikus obese dan DM yang menjalani prosedur sleeve gastrectomy.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan “post-test control group design” pada 15 ekor tikus yang dibagi secara acak menjadi 3 kelompok yaitu kelompok K1 (tikus sehat), kelompok K2 (tikus obesitas dan DM), dan kelompok P1 (tikus obesitas dan DM yang menjalani SG). 10 hari setelah prosedur, kami mengevaluasi berat badan, glukosa darah puasa, dan mengevaluasi ekspresi gen TNF-α dan IL-1 menggunakan metode PCR. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA, Kruskal Wallis, dan Mann-Whitney.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan rerata berat badan tikus pada kelompok P1 (232.00±5.33) gram dan kadar glukosa darah puasa (114.40±3.20) mg/dl lebih rendah daripada kelompok K2 (p<0,05). Ekspresi gen TNF-α (1,97±0,57) dan IL-1 (1,21±0,78) menunjukkan penurunan secara signifikan pada kelompok P1 dibandingkan dengan kelompok K2 (p<0,05).
Kesimpulan: SG dapat menurunkan berat badan dan glukosa darah puasa pada tikus obese dan DM. Demikian pula, ekspresi gen TNF-α dan IL-1 di aorta abdominalis pada tikus obese dan DM menurun setelah dilakukan SG.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Obesitas; Diabetes Mellitus, Sleeve Gastrectomy; TNF-α; IL-1
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:57
Last Modified: 24 Aug 2023 04:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item