Search for collections on Undip Repository

Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Tidak Memperoleh Pengembalian Dana ketika Terjadi Pembatalan Transaksi pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/Pn Mdn). -086 Dagang 2023

Izmifiqri, Dhany and Prananingtyas, Paramita and Triyono, Triyono (2023) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Tidak Memperoleh Pengembalian Dana ketika Terjadi Pembatalan Transaksi pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/Pn Mdn). -086 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsumen yang melakukan pembatalan transaksi memiliki hak untuk mendapatkan pengembalian dana, tetapi pada prakteknya masih ditemukan konsumen yang tidak mendapatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen yang tidak memperoleh pengembalian dana ketika terjadi pembatalan transaksi pada aplikasi e-commerce dan mengetahui proses pengembalian hak konsumen yang tidak memperoleh pengembalian dana ketika terjadi pembatalan transaksi pada aplikasi e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data interview dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen mendapatkan perlindungan dari UU Perlindungan Konsumen, UU ITE, PP PMSE, serta dari beberapa ketentuan yang ditetapkan e-commerce. Usaha yang dapat konsumen tempuh apabila tidak mendapatkan pengembalian dana ketika terjadi pembatalan transaksi adalah mengajukan refund, menghubungi customer service, mengajukan gugatan di pengadilan, atau menunjuk pihak ketiga sebagai mediator, konsiliator, atau arbitrator.

Kata Kunci : Pengembalian Dana; Pembatalan Transaksi; E-commerce

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:23
Last Modified: 27 Oct 2023 09:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item View Item