Search for collections on Undip Repository

Dinamika Relasi Orang Tua-Anak: Studi Interpretative Phenomenological Analysis pada Mahasiswi Tingkat Akhir yang Bekerja

Ramadhanty, Zulva and Alfaruqy, Muhammad Zulfa (2023) Dinamika Relasi Orang Tua-Anak: Studi Interpretative Phenomenological Analysis pada Mahasiswi Tingkat Akhir yang Bekerja. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Zulva_Repository.pdf

Download (113kB)

Abstract

Dukungan orang tua menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja. Tidak hanya aspek dukungan, aspek konflik maupun kekuasaan yang mewarnai relasi orang tua dengan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja penting untuk diungkap karena berkaitan dengan proses menjalankan peran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika relasi orang tua-anak pada mahasiswi tingkat akhir yang bekerja. Partisipan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive dengan kriteria mahasiswi tingkat akhir, bekerja, merupakan anak pertama. Pengambilan data dilakukan dengan metode in-depth interview semi terstruktur serta teknik analisis data menggunakan interpretative phenomenological analysis (IPA). Penelitian ini menghasilkan tiga tema induk, yaitu relasi orang-tua anak sebelum bekerja yang mengungkap dependensi finansial dengan ayah dan kehangatan relasi dengan ibu; dinamika menjalani peran ganda yang mengungkap dorongan internal bekerja, persepsi tuntutan finansial keluarga, konflik dengan orang tua selama bekerja, dan dampak positif pada soft skill dan finansial; relasi orang tua-anak setelah bekerja yang mengungkap berkurangnya dependensi finansial dengan ayah, kehangatan relasi yang konstan dengan ibu, perhatian yang diinginkan, dan makna relasi positif; serta satu tema khusus yaitu ketidakterbukaan diri. Penelitian ini berimplikasi pada urgensi untuk menciptakan komunikasi dua arah antara orang tua dengan mahasiswi tingkat akhir yang bekerja, sehingga mampu menghasilkan relasi yang harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:03
Last Modified: 05 Feb 2024 04:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item View Item