Search for collections on Undip Repository

MEMBANGUN MODEL IDIOSYNCRATIC REGIONAL VALUE PRODUCT DESIGN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN

GININGROEM, Dewi Sri Woelandari Pantjolo (2023) MEMBANGUN MODEL IDIOSYNCRATIC REGIONAL VALUE PRODUCT DESIGN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN. Doctoral thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._D_Cover_12020116510026.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._D_Abstrak_(Inggris)_12020116510026.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._D_Abstrak_(Indonesia)_12020116510026.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._D_Daftar_Isi_12020116510026.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
13._D_Daftar_Pustaka_12020116510026.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
17._D_Fulltext_PDF_Bookmarks_12020116510026.pdf

Download (5MB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat diantara usaha-usaha baru serta perubahanperubahan yang terjadi dalam persaingan usaha menciptakan perubahan kebutuhan pelanggan serta pengelolaan produk serta pangsa pasar. Untuk itu
Pemilik atau pengelola usaha UMKM harus menentukan perubahan apa yang akan dilakukan dan siapa saja yang terkait dengan usaha tersebut termasuk didalamnya adalah karyawan dan konsumen yang disasar. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan penelitian (research gap) dan inkonsistensi
hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi sebuah model konseptual baru, yang menjelaskan bagaimana strategi untuk meningkatkan kinerja pemasaran dengan menggunakan pendekatan teori yang relevan. Berdasarkan permasalahan
yang teridentifikasi dan diuraikan, maka teori yang relevan dan digunakan sebagai dasar dalam menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini
adalah teori Service Dominant Logic dan teori Strategi Pemasaran. Sintesa kedua teori tersebut sangat relevan dan mampu dijadikan sebagai dasar untuk menjelaskan alasan mengapa berbagai pelaku usaha dapat memiliki daya tarik
serta kekuatan atas produk yang dihasilkan mereka, sehingga akan dapat menjelaskan kesenjangan penelitian dengan lebih baik. Kebaruan dalam penelitian ini adalah sebuah konstruksi model konseptual, yaitu idiosyncratic regional value
product design sebagai variabel intervening untuk mengatasi research gap dalam menjelaskan pengaruh antara orientasi kewirausahaan pada kinerja pemasaran.
Penelitian ini melibatkan 221 pelaku usaha UMKM batik di Yogyakarta, Pekalongan, dan Surakarta (Solo). Proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan model persamaan structural
(Structural Equatiion Model) SEM AMOS versi 24. Penerimaan hipotesishipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya variabel orientasi kewirausahaan, kestimewaan nilai kedaerahan desain produk
(idiosyncratic regional value product design), kapabilitas penginderaan pasar, keahlian mendesain produk, dan kekuatan penetrasi pasar dalam mendorong kinerja pemasaran. Idiosyncratic regional value product design sebagai konstruk
baru yang diajukan terbukti secara meyakinkan sebagai variabel mediasi yang berperan penting dalam mengisi kesenjangan penelitian, dengan memperjelas hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Rerangka penelitian ini dikembangkan dan disintesakan dari konsep-konsep pemasaran yang relevan, sehingga studi ini memberikan kontribusi, baik secara teoritis maupun manajerial

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: orientasi kewirausahaan, idiosyncratic regional value product design, kapabilitas penginderaan pasar, keahlian mendesain produk, kekuatan penetrasi pasar, kinerja pemasaran
Subjects: Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Doctor Program in Economics
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:24
Last Modified: 14 Aug 2023 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item