AZIZAH, Putri Rachma (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BUKIT CINTA RAWA PENING MELALUI ASPEK PROMOSI, ASPEK INFRASTRUKTUR DAN ASPEK MANAJEMEN. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12020119130063.pdf - Published Version Download (223kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020119130063.pdf - Published Version Download (229kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020119130063.pdf - Published Version Download (229kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020119130063.pdf - Published Version Download (242kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020119130063.pdf - Published Version Download (357kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020119130063.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening memiliki pemandangan alam yang
indah sebagai potensi yang dimilikinya, potensinya terletak pada pemandangan air
dan perbukitan, serta waduk alam yang masih berfungsi dengan baik sehingga dari
potensi tersebut dapat dikembangkan untuk menjadi wisata air. Berbagai potensi
yang dimiliki oleh Bukit Cinta, masih terdapat permasalahan yang belum
diselesaikan oleh pihak pengelola dengan optimal, yakni prasarana serta sarana
yang terdapat masalah baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, fasilitas yang belum
memenuhi kebutuhan pengunjung, dan kebersihan serta pengelolaan dari objek
wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis aspek-aspek yang harus diprioritaskan dalam mengembangan objek
wisata Bukit Cinta Rawa Pening.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Hirarki
Proses (AHP) dengan bantuan software Expert Choice Versi 11. Analisis ini
dilakukan kepada 3 variabel usulan strategi untuk mengembangkan objek wisata
Bukit Cinta Rawa Pening yang diperoleh melalui data wawancara dengan diskusi
bersama Key Persons. Responden berjumlah 50 orang yang terdiri atas 5 orang key
person dan 45 pengunjung/wisatawan, setelah itu merumuskan beberapa kriteria
dan alternatif yang dipilih oleh responden melalui kuesioner. Aspek-aspek yang
terdapat dalam strategi pengembangan tersebut terdiri dari aspek promosi,
infrastruktur dan manajemen. Setiap aspek tersebut memiliki beberapa opsi
pengembangan yang berbeda-beda.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, kriteria utama untuk menentukan
strategi mengembangkan objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening adalah aspek
infrastruktur dengan Inkonsistensi Rasio (IR) sebesar 0,003 atau kurang dari 0,10
yang menunjukkan bahwa hasil tersebut konsisten dan dapat diterima sebagai
sebuah prioritas alternatif strategi pengembangan. Prioritas kedua adalah aspek
manajemen dan prioritas ketiga adalah aspek promosi. Sesuai dengan pembobotan
dari sub kriteria dalam opsi pengembangan, didapatkan hasil prioritas utama dari
strategi pengembangan objek wisata dari aspek infrastruktur adalah perawatan
fasilitas sarana dan prasarana objek wisata dengan prioritas tertinggi diantara opsiopsi pengembangan lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening memiliki pemandangan alam yang indah sebagai potensi yang dimilikinya, potensinya terletak pada pemandangan air dan perbukitan, serta waduk alam yang masih berfungsi dengan baik sehingga dari potensi tersebut dapat dikembangkan untuk menjadi wisata air. Berbagai potensi yang dimiliki oleh Bukit Cinta, masih terdapat permasalahan yang belum diselesaikan oleh pihak pengelola dengan optimal, yakni prasarana serta sarana yang terdapat masalah baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, fasilitas yang belum memenuhi kebutuhan pengunjung, dan kebersihan serta pengelolaan dari objek wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis aspek-aspek yang harus diprioritaskan dalam mengembangan objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Hirarki Proses (AHP) dengan bantuan software Expert Choice Versi 11. Analisis ini dilakukan kepada 3 variabel usulan strategi untuk mengembangkan objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening yang diperoleh melalui data wawancara dengan diskusi bersama Key Persons. Responden berjumlah 50 orang yang terdiri atas 5 orang key person dan 45 pengunjung/wisatawan, setelah itu merumuskan beberapa kriteria dan alternatif yang dipilih oleh responden melalui kuesioner. Aspek-aspek yang terdapat dalam strategi pengembangan tersebut terdiri dari aspek promosi, infrastruktur dan manajemen. Setiap aspek tersebut memiliki beberapa opsi pengembangan yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil analisis penelitian, kriteria utama untuk menentukan strategi mengembangkan objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening adalah aspek infrastruktur dengan Inkonsistensi Rasio (IR) sebesar 0,003 atau kurang dari 0,10 yang menunjukkan bahwa hasil tersebut konsisten dan dapat diterima sebagai sebuah prioritas alternatif strategi pengembangan. Prioritas kedua adalah aspek manajemen dan prioritas ketiga adalah aspek promosi. Sesuai dengan pembobotan dari sub kriteria dalam opsi pengembangan, didapatkan hasil prioritas utama dari strategi pengembangan objek wisata dari aspek infrastruktur adalah perawatan fasilitas sarana dan prasarana objek wisata dengan prioritas tertinggi diantara opsiopsi pengembangan lainnya. |
Subjects: | Economics and Business > Economic Sciences Economics and Business |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Economics and Development Studies |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |