Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA MAHASISWA ORGANISATORIS FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

mitchel, julius and Mujiasih, Endah (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA MAHASISWA ORGANISATORIS FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK JULIUS.pdf

Download (82kB)

Abstract

Kepuasan kerja merupakan sebuah hal yang penting bagi individu karena hal ini berkaitan langsung dengan kinerja individu. Individu dengan tingkat kepuasan kerja yang tinggi memiliki kinerja yang lebih optimal dan memiliki motivasi yang tinggi akan kompetensinya. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja individu adalah gaya kepemimpinan yang pada prakteknya mengutamakan peningkatan kinerja dan motivasi pada individu dalam kinerja dimana hal ini sesuai dengan gaya kepemimpinan transformasional yang mengutamakan peningkatan motivasi dan kompetensi bukan hanya pada anggota melainkan kepada pimpinan juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja mahasiswa organisatoris yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. 95 anggota menjadi sampel pada penelitian ini yang terdiri dari berbagai bidang yang ada dengan menggunakan teknik simple random sampling. pengumpulan data penelitian menggunakan skala persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional (32 butir, a = 0,947) dan skala kepuasan kerja (25 butir, a = 0,917). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik non parametrik Spearman’s Rho dengan hasil menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja (rxy = 0,678, p=0,000). Semakin positif gaya kepemimpinan transformasional dipersepsikan maka akan semakin tinggi kepuasan kerja dan semakin negatif gaya kepemimpinan dipersepsikan maka akan semakin rendah kepuasan kerja.

Kata kunci: Persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, organisatoris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:22
Last Modified: 05 Feb 2024 08:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15377

Actions (login required)

View Item View Item