Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERMINAL BOOKING SYSTEM (TBS), YARD OPERATION PLAN (YOP), TURN ROUND TIME (TRT) TERHADAP EFEKTIVITAS OPERASIONAL PT PELINDO TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG

Rifqi, Zenda Fathur (2023) PENGARUH TERMINAL BOOKING SYSTEM (TBS), YARD OPERATION PLAN (YOP), TURN ROUND TIME (TRT) TERHADAP EFEKTIVITAS OPERASIONAL PT PELINDO TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
MAL_S_Zenda Fathur Rifqi.docx - Published Version

Download (2MB)

Abstract

PT Pelindo Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) adalah sebuah subholding dari PT Pelindo yang berfokus pada pelayanan peti kemas ekspor dan impor. TPKS merupakan salah satu perintis konsep pelabuhan pintar di Indonesia, salah satunya dengan penerapan Terminal Booking System (TBS) dan Yard Plan untuk mereduksi Turn Round Time (TRT). Akan tetapi dalam penerapannya masih ditemui banyak ketidaksesuaian antara jam booking dan gate in sehingga berdampak pada kegiatan operasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari Terminal Booking System, Yard Operation Plan, Turn Round Time baik secara parsial maupun simultan dan melihat faktor yang paling berpengaruh terhadap efektivitas operasional TPKS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif format eksplanasi dengan populasi divisi perencanaan, pengendalian, dan pengelolaan operasional dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Terminal Booking System, Yard Operation Plan, Turn Round Time baik secara parsial maupun simultan terhadap efektivitas operasional TPKS. Sedangkan untuk faktor yang paling berpengaruh yaitu variabel Turn Round Time. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara TBS, YOP, dan TRT baik secara parsial maupun simultan terhadap efektivitas operasional TPKS. Saran peneliti untuk PT Pelindo TPKS yaitu agar dapat mengoptimalkan kegiatan bongkar muat dan receiving delivery di CY (Container Yard) domestik.
Kata kunci : TBS, YOP, TRT, efektivitas operasional, TPKS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TBS, YOP, TRT, efektivitas operasional, TPKS
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:16
Last Modified: 11 Aug 2023 09:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item