Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH SECARA E-PURCHASING MELALUI PROGRAM BLANGKON JATENG DI PEMPROV. JATENG

Anggriani, Putri Destria (2023) STRATEGI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH SECARA E-PURCHASING MELALUI PROGRAM BLANGKON JATENG DI PEMPROV. JATENG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover_Putri Destria.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
BAB I_Putri Destria.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
DAPUS_Putri Destria.pdf - Published Version

Download (119kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang
dikembangkan masyarakat Indonesia terutama di Provinsi Jawa Tengah terus
mengalami peningkatan setiap tahun. Hal tersebut mendorong adanya aturan
penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) dan alokasi dana 40% untuk UMKM
melalui e-purchasing yaitu Toko Daring. Merujuk aturan Pemerintah Pusat
sehingga Pemprov. Jawa Tengah melalui biro APBJ menciptakan program Belanja
Langsung Toko Online (BLANGKON) Jateng menjadi strategi pemberdayaan
UMKM melalui Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara elektronik. Tujuan
penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan peran UMKM dalam keikutsertaan
pengadaan barang/jasa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta meningkatkan
perekonomian Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka. Pemilihan informan
penelitian menggunakan teknik purposive yang ditentukan berdasarkan
pertimbangan tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) efektivitas
penggunaan Blangkon Jateng mulai dari transaksi, nilai transaksi, dan data
penyedia meningkat mulai dari tahun 2021-2023, tetapi efektivitas UMKM masih
perlu didorong agar UMKM dapat menjadi objek belanja bagi dinas atau
Pemerintah. Strategi pemberdayaan UMKM juga didukung oleh peran Pemerintah,
pengusaha, dan lembaga keuangan. (2) Faktor pendorong Blangkon Jateng
meliputi: kemudahan dalam bertransaksi, kemudahan akses pinjaman bank,
transparansi dalam bertransaksi, dan adanya aturan. Faktor penghambat meliputi:
pola pikir, keterbatasan akses, melek teknologi, dan legalitas usaha. (3) Strategi
pengembangan pengadaan barang/jasa dilakukan melalui sosialiasi hingga
pendampingan kepada pelaku usaha agat lebih terlatih dan dapat mengikuti
pengadaaan barang/jasa melalui Blangkon Jateng. Sehingga dorongan
Pemerintah Kab/Kota memperkenalkan Blangkon Jateng kepada pelaku usaha di
daerah masing-masing agar bergabung dengan Blangkon Jateng melalui
pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik.
Kata Kunci: Blangkon Jateng, E-purchasing, Pengadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Blangkon Jateng, E-purchasing, Pengadaan.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:46
Last Modified: 11 Sep 2023 04:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item