Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA DEWASA AWAL TERHADAP PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN SEMARANG

Ardila, Gisela Putri and Indriana, Yeniar (2023) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA DEWASA AWAL TERHADAP PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak_Gisela Putri_15000118120073.pdf

Download (17kB)

Abstract

Kontrol diri adalah kemampuan individu dalam mengatur tingkah lakunya menuju ke arah yang positif dan menghindari perilaku yang tidak diinginkan. Perilaku konsumtif merupakan kegiatan atau perilaku membelanjakan barang maupun jasa yang tidak diperlukan tanpa perencanaan demi mencapai kepuasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada dewasa awal terhadap pembelian merchandise K-Pop di Komunitas NCTzen Semarang. Subjek pada penelitian ini adalah penggemar K-Pop yang tergabung ke dalam Komunitas NCTzen Semarang sebanyak 135 orang berjenis kelamin perempuan. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi rxy -0,389 p=0,000 yang menunjukkan adanya hubungan negatif signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Semakin tinggi kontrol diri, maka perilaku konsumtif penggemar K-Pop akan semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah kontrol diri maka perilakunya akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:34
Last Modified: 05 Feb 2024 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

View Item View Item