FATKURROZI, Muhammad (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS FLEET CARD RFID DI PT PERTAMINA RETAIL. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._T___Cover___12010121410089.pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010121410089.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010121410089.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010121410089.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010121410089.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010121410089.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Optimalisasi biaya transportasi dianggap sebagai salah satu masalah terberat
dan paling kompleks di sektor transportasi, ekspedisi, dan logistik. Perusahaan
transportasi setuju bahwa setengah dari pengeluaran yang dikeluarkan terkait
dengan aktivitas perusahaan saat ini adalah biaya bahan bakar. PT. Pertamina Retail
merupakan perusahaan besar dalam bisnis ritel SPBU di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengembangan bisnis fleet card RFID di Pertamina
Retail. Pendekatan yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan
SWOT (Strengthts, Weakness, Opportunities, and threats). Metode penelitian yang
digunakan adalah data primer yang didapat melalui wawancara ke beberapa
narasumber.
Hasil studi ini menunjukan elemen BMC berupa: key partnership, customer
segment, value proposition dan revenue stream merupkan blok yang paling
dominan. Sementara yang terendah adalah channel. Faktor internal fleet card
Pertamina Retail dipengaruhi oleh aspek jaringan, keamanan, efisiensi, dan
financial aspect. Hasil yang diperoleh SWOT analysis (strenghts, weakness,
opportunities, & threats) terhadap sembilan blok BMC menunjukan bahwa unsur
yang memiliki kekuatan tertinggi adalah brand pertamina dan jaringan SPBU,
sedangkan cara pembayaran top up menempati urutan terendah. Dari arah lain,
peluang tertinggi adalah key partnership dan ancaman tertinggi adalah customer
segment sedangkan ancaman terendah adalah key partners.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fleet Card, RFID, Business Model Canvas, SWOT |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Master Program in Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:16 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:16 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15251 |
Actions (login required)
View Item |