Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIR REMAJA ORANG TUA DENGAN KEMATANGAN KARIER MAHASISWA TAHUN KEEMPAT DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Aulad, Aulia Rukhiyati and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIR REMAJA ORANG TUA DENGAN KEMATANGAN KARIER MAHASISWA TAHUN KEEMPAT DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)

Abstract

Prospek pekerjaan bagi tenaga kerja semakin terbatas akibat persaingan yang semakin ketat di era industri 4.0, sehingga masyarakat harus siap menghadapinya agar menjadi sumber daya manusia yang unggul. Kematangan karier merupakan kemampuan untuk melakukan aktivitas yang terkait dengan setiap tahap pertumbuhan karier sesuai dengan rentang usia tertentu. Kongruensi karir remaja-orang tua yaitu kesesuaian atau keselarasan karier orang tua dan anak, dengan hal tersebut anak diharapkan mendapatkan arahan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kongruensi karir remaja-orang tua dengan kematangan karier pada mahasiswa tahun keempat di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun keempat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 326 mahasiswa. Sampel penelitian terdiri dari 167 mahasiswa (83,83% perempuan; rata-rata usia = 21 tahun), yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis Spearman’s Rho menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kongruensi karir remaja-orang tua dengan kematangan karier pada mahasiswa tahun keempat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, yang ditunjukkan dengan rxy = 0,39 dengan p = 0,000 (p < 0,001). Artinya, semakin tinggi kongruensi karir remaja-orang tua maka semakin rendah kematangan karir, dan sebaliknya.

Kata kunci: kongruensi karir remaja-orang tua, kematangan karier, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:06
Last Modified: 05 Feb 2024 03:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item