Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PERILAKU ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA SISWA AUTIS TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI SEMARANG

NANDITYA, TIARA SOVIA VIRGA (2023) GAMBARAN PERILAKU ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA SISWA AUTIS TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO TIARA SOVIA EDIT.pdf - Published Version

Download (419kB)

Abstract

Autis berisiko menjadi objek pelecehan dan penyimpangan seksual. Namun, pemberian pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan masih minim diberikan membuat autis mudah untuk dimanipulasi dan kesulitan untuk mengontrol dorongan seksual pada dirinya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perilaku orang tua dalam memberikan pendidikan seksual pada siswa autis tingkat sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah studi kualitatif dengan informan penelitian berjumlah delapan orang yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dan pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam. Tahapan dari analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan perilaku orang tua dalam memberikan pendidikan seksual pada anak autis meliputi pengawasan dan selalu mengingatkan untuk berperilaku baik, memberikan informasi terkait batasan antara laki-laki dan perempuan, mengajarkan untuk menutup kemaluan, memberikan informasi terkait alat kelamin serta memberikan informasi terkait mimpi basah pada anak laki-laki dan mengajarkan penggunaan pembalut pada anak perempuan. Pengetahuan orang tua terkait autis dan pendidikan seksual autis masih terbatas dan belum menyeluruh. Sikap orang tua mendukung dalam pemberian pendidikan seksual pada anak autis. Ketersedian fasilitas yang digunakan dalam memberikan pendidikan seksual berupa penggunaan metode lisan dan media gambar. Akses informasi didapat melalui internet, media sosial, iklan televisi, berita, terapis, keluarga, dan orang tua siswa autis lainnya. Sikap dan dukungan guru berupa motivasi, saran, dan arahan dalam mengasuh anak autis.

Kata kunci : autis, pendidikan seksual, orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:41
Last Modified: 18 Aug 2023 01:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15159

Actions (login required)

View Item View Item