Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM E-FILING DALAM PELAPORAN SPT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SEMARANG SELATAN_006 HAN 2023

SARI, ANDINI KUMALA and Ispriyarso, Budi and Juliani, Henny (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM E-FILING DALAM PELAPORAN SPT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SEMARANG SELATAN_006 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan perpajakan merupakan hal utama yang diinginkan oleh wajib pajak disaat wajib pajak akan melaksanakan kewajibannya dalam perpajakan yaitu melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) dengan menggunakan sistem e-filing. Pertanyaan yang muncul untuk dipertanyakan apakah dengan adanya sistem e-filing implementasi pelayanan perpajakan pada saat pandemi Covid-19 sesuai dengan standar pelayanan serta kendala apa saja yang dihadapi wajib pajak dan bagaimana solusinya. Pelayanan perpajakan yang prima bisa tercipta dengan memperhatikan standar pelayanan yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan mengenai Pelayanan Publik. Metode pendekatan dalam penelitian hukum ini yaitu metode pendekatan yuridis empiris. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Spesifikasi penelitian dalam penelitian hukum ini yaitu deskriptif analitis. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis kualitatif dan data yang sudah diperoleh untuk dianalisa hasilnya berupa laporan hasil penelitian. Penelitian ini memberikan hasil bahwa implementasi pelayanan perpajakan terhadap penggunaan sistem e-filing pada masa pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan standar pelayanan yang terdapat di Pasal 21 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Selatan menyediakan layanan online bagi wajib pajak. Implementasi yang berjalan dengan baik masih dijumpai kendala seperti terbatasnya jumlah pelaksana yang terdapat di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Selatan.
Kata Kunci: Pelayanan Perpajakan, Sistem e-filing, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:16
Last Modified: 01 Nov 2023 02:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item