Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA PROGRAM SAFETY TALK DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA PT. X BONTANG

PRIANTISIKA, SALSABILLA KHUMAIRA (2023) HUBUNGAN ANTARA PROGRAM SAFETY TALK DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA PT. X BONTANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SALSABILLA KHUMAIRA.pdf - Published Version

Download (498kB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan revolusi industri dalam mengembangkan pembangunan di berbagai aspek, perusahaan menginginkan produksi dan pelayanannya mencapai keberhasilan. Perusahaan memiliki kewajiban untuk menjamin keselamatan pekerja, salah satu langkah yang bisa dijalankan dalam melindungi keselamatan tenaga kerja yaitu dengan penyampaian materi melalui program safety talk. Berhadapan dengan teknologi canggih, pengetahuan dan langkah-langkah perlindungan terkait K3 menjadi sangat penting, karena hal ini dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara program safety talk dan tingkat pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri. Dengan menggunakan pendekatan cross sectional, penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif melalui survei analitik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode random sampling untuk mendapatkan 50 pekerja. Hasil uji statistik Chi Square menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri adalah program safety talk (0.029). Variabel yang tidak memiliki hubungan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri adalah tingkat pengetahuan (0.675)

Kata Kunci : safety talk, pengetahuan, alat pelindung diri (APD)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:34
Last Modified: 31 Jul 2023 03:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item