Search for collections on Undip Repository

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BARRO TANI MANUNGGAL KABUPATEN WONOGIRI

Ulya Miftahul, Kayyis and Handayani, Migie and setiyawan, Hery (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BARRO TANI MANUNGGAL KABUPATEN WONOGIRI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Bab 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Bab 2.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
Kayyis Miftahul Ulya-23020319120024_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal dan menganalisis faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal Agrowisata Barro Tani Manunggal Kabupaten Wonogiri, serta merumuskan alternatif strategi pengembangan Agrowisata Barro Tani Manunggal Kabupaten Wonogiri menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS dan AHP. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember 2022 di Agrowisata Barro Tani Manunggal. Metode Penelitian merupakan studi kasus. Metode penentuan sampel merupakan purposive sampling dengan informan yaitu pemilik, 3 karyawan, dan 30 pengunjung Agrowisata Barro Tani Manunggal. Data dianalisis menggunakan Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Strength-Opportunity (SO) paling cocok untuk diterapkan dan menghasilkan empat alternatif strategi. Yaitu: (1) memaksimalkan potensi lokasi yang strategis dengan pelayanan yang baik, (2) pengembangan agrowisata dengan menambah varian produk yang bervariasi dan menambah atraksi wisata yang bervariasi, (3) peningkatan kualitas dan kuantitas produk di Agrowisata Barro Tani Manunggal, (4) peningkatan promosi agrowisata melalui berbagai media. Urutan alternatif strategi yaitu (1) memaksimalkan potensi lokasi yang strategis dengan pelayanan yang baik, (2) pengembangan agrowisata dengan menambah varian produk yang bervariasi dan menambah atraksi wisata yang bervariasi, (3) peningkatan kualitas dan kuantitas produk di Agrowisata Barro Tani Manunggal, (4) peningkatan promosi agrowisata melalui berbagai media. Prioritas substrategi yaitu mengoptimalkan media sosial sebagai promosi dengan pembuatan konten mengenai agrowisata dan hasil produk dari Agrowisata Barro Tani Manunggal

Kata kunci: agrowisata, AHP, strategi pengembangan produk, SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: agrowisata, AHP, strategi pengembangan produk, SWOT
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:53
Last Modified: 05 Jan 2024 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15053

Actions (login required)

View Item View Item