Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PENGEMBALIAN TANGGUNG JAWAB MENDIDIKANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM KEPADA ORANG TUA / WALI SEBAGAI HASIL DIVERSI PADA SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK_ 003 Acara 2023

HIBATULLAH, BENI RIFQI YAFI and Cahyaningtyas, Irma and Putrijanti, Aju (2023) EFEKTIVITAS PENGEMBALIAN TANGGUNG JAWAB MENDIDIKANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM KEPADA ORANG TUA / WALI SEBAGAI HASIL DIVERSI PADA SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK_ 003 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kenakalan anak telah telah banyak menjurus pada tindak pidana. Di Indonesia, anak yang berkonflik dengan hukum akan diproses dengan pedoman UU SPPA yang berfokus terhadap penyelesaian perkara menggunakan sistem diversi. Salah satu hasil kesepakatan diversi adalah pengembalian anak kepada orang tua/wali. Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui proses dan efektivitas pengembalian anak kepada orang tua/wali serta rekomendasi kebijakan di masa yang akan datang. Penelitian dalam penulisan hukum ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, dengan data primer berupa wawancara sebagai data utama. Data primer tersebut akan ditandingkan dengan data sekunder berupa UU SPPA serta berbagai peraturan pelaksanaannya untuk dapat menjawab permasalahan penelitian. Untuk dapat merumuskan rekomendasi kebijakan bagi sistem peradilan pidana anak di Indonesia,digunakan studi komparasi dengan sistem peradilan pidana anak Negara Jepang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pelaksanaan diversi belum berjalan dengan optimal dikarenakan UU SPPA beserta berbagai peraturan pelaksananya belum dapat mengakomodir kebutuhan pedoman bagi Aparat Penegak Hukum. Permasalahan pada praktik seperti kurangnya pemahaman dan kesadaran Pembimbing Kemasyarakatan, Aparat Penegak Hukum dan Orang Tua terkait peran penting masing-masing pihak serta kurangnya sarana prasarana penunjang, mengakibatkan pembimbingan terhadap anak tidak berjalan efektif. Oleh karena itu, berdasarkan hasil studi komparasi dengan sistem peradilan pidana anak Negara Jepang, dirumuskan berbagai rekomendasi kebijakan baru seperti pelimpahan tanggung jawab kepada orang tua/wali, penggunaan langkah preventif, serta penyempurnaan pelaksanaan diversi. Diperlukan berbagai langkah konkrit guna menyelesaikan permasalahan ini, diantaranya dengan melakukan pembaharuan dalam UU SPPA, meningkatkan kualitas SDM Aparat Penegak Hukum dan Pembimbing Kemasyarakatan, serta penanaman pemahaman dan kesadaran tanggung jawab orang tua/wali.
Kata Kunci: Efektivitas, Pengembalian Anak Kepada Orang Tua/Wali, Diversi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:31
Last Modified: 01 Nov 2023 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item