Search for collections on Undip Repository

STUDI PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA PEKERJA INDUSTRI TAHU BANDUNGAN

NINGSIH, KURNIA ZULIA (2023) STUDI PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA PEKERJA INDUSTRI TAHU BANDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO KURNIA ZULIA.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja merupakan upaya pemberdayaan para pekerja untuk menerapkan cara hidup bersih dan sehat. Menurut data profil kesehatan Indonesia pembinaan PHBS di tempat kerja masih terhitung rendah yaitu 59,15%. Disamping itu, WHO menyatakan di negara berkembang pada setiap tahunnya terdapat 2,2 juta orang meninggal dunia dikarenakan penyakit terkait buruknya hygiene dan sanitasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu, sarana prasarana, dan motivasi ekstrinsik dengan penerapan perilaku perilaku hidup bersih dan sehat pada pekerja industri tahu Bandungan. Penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada Bulan Desember 2022 – Mei 2023. Populasi penelitian adalah seluruh pekerja industri tahu Bandungan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 30 pekerja. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan observasi dengan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-square dan Fisher’s Exact. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan penerapan PHBS yaitu pengetahuan (p=0,015), sikap (p=0,008), ketersediaan sarana prasarana (p=0,000), dan motivasi ekstrinsik (p=0,003), serta yang tidak ada hubungan yaitu usia (p=0,454) dan masa kerja (p=0,919). Diharapkan pemilik usaha dapat bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk menyelenggarakan sosialisasi terkait PHBS di tempat kerja serta menyediakan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan PHBS dan sumber informasi seperti poster di tempat kerja.

Kata Kunci : Karakteristik individu, motivasi ekstrinsik, perilaku hidup bersih dan sehat, sarana prasarana, tempat kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:31
Last Modified: 27 Jul 2023 03:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item