Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL DAN WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP STRES KERJA PADA PEGAWAI KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SALATIGA

BASUNDARI, DYAH SURYANINGRUM (2023) HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL DAN WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP STRES KERJA PADA PEGAWAI KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SALATIGA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DYAH SURYA.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Stres kerja dapat timbul karena adanya tekanan dan beban kerja yang harus segera diselesaikan. Stres kerja ini dapat menimpa siapa saja salah satunya yaitu kantor BPKPD Kota Salatiga. Terdapat beberapa faktor seperti faktor lingkungan (salah satunya yaitu beban kerja), organisasi dan individu (salah satunya yaitu work-family conflict). Pada penelitian ini yang akan dibahas yaitu mengenai hubungan beban kerja mental dan work-family conflict terhadap stres kerja di kantor BPKPD Kota Salatiga. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis hubungan beban kerja mental dan work-family conflict terhadap stres kerja pada pegawai di kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Salatiga. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif, yaitu metode yang mengambil data dalam bentuk angka dan data yang diambil dalam jumlah yang banyak. Dan untuk analisis yang digunakan yaitu menggunakan uji analisis chi-square. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pegawai kantor BPKPD Kota Salatiga mengalami stres kerja derajat sedang, beban kerja mental kategori sedang, dan work-family conflict skala sangat rendah. Hasil uji statistik yang dilakukan dengan uji chi-square menunjukkan ada hubungan antara beban kerja mental terhadap stres kerja dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 dan tidak ada hubungan antara work-family conflict terhadap stres kerja dengan nilai signifikansi sebesar 0.466 pada pegawai kantor BPKPD Kota Salatiga. Pegawai kantor BPKPD Kota Salatiga mengalami beban kerja mental kategori sedang. Kemudian, pegawai juga mengalami work-family conflict skala sangat rendah. Selain itu juga mengalami stres kerja derajat sedang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan antara beban kerja mental terhadap stres kerja dan tidak ada hubungan antara work-family conflict terhadap stres kerja.

Kata kunci: Beban Kerja Mental; Konflik Pekerjaan-Keluarga; Stres Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:13
Last Modified: 26 Jul 2023 07:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item View Item