Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, ASUPAN CAIRAN DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN KELELAHAN KERJA PADA NELAYAN PENGERING DESA SENTOLO KAWAT CILACAP

RAHMADIANTI, AYU (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, ASUPAN CAIRAN DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN KELELAHAN KERJA PADA NELAYAN PENGERING DESA SENTOLO KAWAT CILACAP. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AYU RAHMA.pdf - Published Version

Download (429kB)

Abstract

Kelelahan merupakan suatu kondisi yang muncul pada individu yang sudah tidak mampu melaksanakan aktivitasnya. Nelayan pengering pada industri pengolahan ikan asin mengandalkan kekuatan fisik dan selalu terpapar sinar matahari sehingga memicu terjadinya kelelahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis huubungan karakteristik individu (usia, status gizi, frekuensi olahraga, dan masa kerja), asupan cairan, dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja pada nelayan pengering di Desa Sentolo Kawat Cilacap. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yaitu 50 orang dengan metode total sampling dan dianalisis dengan analisis statistik chi-square. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan antara usia, status gizi, masa kerja dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja. Tetapi tidak ada hubungan antara frekuensi olahraga dan asupan cairan dengan kelelahan kerja. Saran bagi pengelola dan pekerja yaitu mengadakan agenda senam pagi disetiap akhir pekan dan memanfaatkan istirahat dengan optimal untuk menghindari kelelahan kerja.

Kata kunci : Karakteristik Individu, Asupan Cairan, Beban Kerja Fisik, Kelelelahan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:55
Last Modified: 26 Jul 2023 02:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item