Search for collections on Undip Repository

Dinamika Psikologis dalam Proses Penerimaan Anak dengan Down Syndrome (Sebuah Studi Kasus Pada Ibu yang Memiliki Anak Down Syndrome Usia Dewasa)

Putri, Syaharani Nabila and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) Dinamika Psikologis dalam Proses Penerimaan Anak dengan Down Syndrome (Sebuah Studi Kasus Pada Ibu yang Memiliki Anak Down Syndrome Usia Dewasa). Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Syaharani Nabila Putri.pdf

Download (17kB)

Abstract

Hadirnya anak Down syndrome di tengah keluarga akan memberikan tantangan baru bagi ibu, yang dapat memunculkan ketegangan dalam proses pengasuhannya. Meski pada awalnya melakukan penolakan, namun semakin berjalannya waktu ibu mampu menerima keadaan anaknya dan melakukan penyesuaian psikologis. Untuk melakukan penyesuaian psikologis membutuhkan proses yang tidak mudah dan cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam mengenai dinamika psikologis dalam proses penerimaan ibu yang memiliki anak Down syndrome hingga anak memasuki usia dewasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Subjek penelitian adalah ibu yang memiliki anak Down syndrome usia dewasa sebagai kasus yang ditetapkan peneliti, dan tiga orang anggota keluarga sebagai partisipan informan dengan kriteria mengetahui cerita kehidupan partisipan dengan anak Down syndrome, yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat proses penerimaan dan penyesuaian diri yang dialami subjek selama mengasuh anaknya yang Down syndrome, sehingga terbentuknya dinamika psikologis selama pengasuhan tersebut. Dinamika psikologis yang terbentuk mampu membuat subjek menerima sepenuhnya kondisi anaknya yang Down syndrome dan memberikan pengasuhan yang baik sehingga mampu membentuk kemandirian anak di usia dewasanya. Keberhasilan selama pengasuhan dapat dilihat melalui kemandirian anak dan bagaimana cara subjek memaknai kehidupannya saat ini. Adanya faktor pendukung seperti dukungan sosial dan keyakinan kepada Tuhan dapat membantu subjek dalam mengatasi problematika yang terjadi selama pengasuhan, serta mempengaruhi terbentuknya dinamika psikologis yang dialami subjek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:43
Last Modified: 05 Feb 2024 02:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14944

Actions (login required)

View Item View Item