Search for collections on Undip Repository

PERANCANGAN SISTEM PERHITUNGAN KECEPATAN KERETA BERDASARKAN WAKTU TEMPUH DAN JARAK PENEMPATAN SENSOR DENGAN METODE TRACK CIRCUIT PADA PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS BERBASIS OUTSEAL PLC MEGA V.3 DENGAN CPU ATMEGA 128A

Yunita, Lintang Ika (2023) PERANCANGAN SISTEM PERHITUNGAN KECEPATAN KERETA BERDASARKAN WAKTU TEMPUH DAN JARAK PENEMPATAN SENSOR DENGAN METODE TRACK CIRCUIT PADA PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS BERBASIS OUTSEAL PLC MEGA V.3 DENGAN CPU ATMEGA 128A. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TRO_S_Lintang Ika Yunita cover.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text
TRO_S_Lintang Ika Yunita bab 1.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text
TRO_S_Lintang Ika Yunita dapus.pdf - Published Version

Download (71kB)

Abstract

Kereta api merupakan salah satu transportasi darat yang banyak di minati dan
digunakan oleh masyarakat, namun selama bulan januari sampai dengan agustus
2023 banyak terjadi kecelakaan di pintu perlintasan yang sedang dijaga maupun
tidak. Hal ini disebabkan karena banyaknya jalur perlintasan langsung (JPL) yang
masih dioperasikan secara manual sehingga proses penutupan dan pembukaan pintu
perlintasan tidak disesuaikan dengan kecepatan serta jarak antara kereta dengan
pintu perlintasan. Tujuan perancangan alat ini untuk membuat sistem perhitungan
kecepatan kereta berdasarkan waktu tempuh dan jarak penempatan sensor.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode track circuit yang digunakan
sebagai pendeteksi roda kereta api pada bagian rel serta perancangan hardware
untuk alat ini menggunakan outseal PLC mega V3 sebagai kontroler. Pengambilan
data pada sistem ini dilakukan dengan menggunakan 2 jenis metode pengambilan
data, yaitu menggunakan miniatur kereta dan menggunakan jumper sebagai trigger
pada track circuit karena pengujian menggunakan miniatur kereta hanya
mendapatkan 2 mode kecepatan. Hasil pengujian dengan menggunakan miniatur
kereta mendapatkan waktu tempuh track circuit 1 menuju track circuit 2 sebesar 1
second maka didapatkan hasil perhitungan kecepatan pada sistem sebesar 36 cm/s,
sedangkan pada perhitungan stopwatch mendapatkan waktu tempuh track circuit 1
menuju track circuit 2 sebesar 1,01 second maka didapatkan hasil perhitungan
kecepatan pada sistem sebesar 35,64 cm/s. Hal ini disebabkan pada sistem outseal
tidak dapat membaca nilai desimal sehingga terdapat selisih pada hasil perhitungan
sistem dan stopwatch.
Kata kunci : Kereta Api, Outseal, Track Circuit, Stopwatch

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Outseal, Track Circuit, Stopwatch
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Instrumentasi and Electronics
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:08
Last Modified: 22 Nov 2023 05:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14917

Actions (login required)

View Item View Item