Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS KEDUDUKAN SAKSI A DE CHARGE DALAM PROSES PEMBUKTIAN PERKARA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Slawi Nomor /Pid.Sus/2022/PN.Slw)_016 Acara 2023

LINTANG, HILLARY and Cahyaningtyas, Irma and Putrijanti, Aju (2023) TINJAUAN YURIDIS KEDUDUKAN SAKSI A DE CHARGE DALAM PROSES PEMBUKTIAN PERKARA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Slawi Nomor /Pid.Sus/2022/PN.Slw)_016 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alat bukti keterangan saksi merupakan alat bukti utama dalam proses peradilan pidana Indonesia karena tanpa adanya saksi, suatu tindak pidana akan sulit diungkap kebenaran materiilnya. Salah satunya adalah saksi yang menguntungkan atau saksi a de charge yang dapat diajukan oleh terdakwa atau penasihat hukum. Permasalahan dalam penulisan hukum ini adalah pertama, bagaimana kedudukan saksi a de charge dalam proses pembuktian tindak pidana pencabulan terhadap anak; kedua, bagaimana pertimbangan hakim dalam menilai keterangan saksi a de charge sebagai alat bukti dalam Putusan Nomor 5/Pid.Sus/2022/PN.Slw. Metodologi pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deksriptif analitis, sumber dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. pengumpulan data bersumber dari kepustakaan dan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil dan simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan Pasal 184 ayat (1) KUHAP, kedudukan saksi a de charge dalam proses pembuktian tindak pidana pencabulan terhadap anak mempunyai kekuatan pembuktian dan merupakan alat bukti yang sah. Pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 5/Pid.Sus/2022/PN.Slw didasari oleh pertimbangan yuridis dan pertimbangan non-yuridis.
Saran kepada aparat penegak hukum, khususnya hakim agar dapat membuat putusan yang adil dan tidak memihak pada terdakwa karena keterangan yang diberikan oleh saksi a de charge dan memprioritaskan kerugian yang diderita oleh Anak Korban. Kepada pembuat undang-undang untuk membuat peraturan khusus terkait pengajuan saksi a de charge.

Kata Kunci : Kedudukan; Saksi A De Charge; Pertimbangan Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:46
Last Modified: 01 Nov 2023 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item