Search for collections on Undip Repository

Analisis Logistik Kemanusiaan Terhadap Kendala Distribusi Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Dari Pemerintah Kepada Masyarakat Melalui PT Pos Indonesia KCP Way Jepara, Lampung Timur Selama Covid 19

Umami, Anida Kurnia (2023) Analisis Logistik Kemanusiaan Terhadap Kendala Distribusi Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Dari Pemerintah Kepada Masyarakat Melalui PT Pos Indonesia KCP Way Jepara, Lampung Timur Selama Covid 19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
MAL_S_ANIDA KURNIA UMAMI.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER_ANIDA KURNIA UMAMI.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text
BAB I_ANIDA KURNIA UMAMI.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
DAPUS_ANIDA KURNIA UMAMI.pdf - Published Version

Download (151kB)

Abstract

PT Pos Indonesia KCP Way Jepara termasuk perusahaan yang terdampak akibat bencana Covid-19. Meskipun demikian, perusahaan ini tetap melanjutkan kegiatan logistiknya yaitu pada Program distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST). Program Bantuan Sosial Tunai (BST) ini ditujukan kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian pemerintah yang diwujudkan melalui logistik kemanusiaan.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yakni untuk mengetahui prosedur logistik BST, mengidentifikasi kendala-kendala yang terkait dengan pencairan BST termasuk dalam faktor pendukung dan penghambat, serta mencari solusi atas kendala-kendala tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung di lapangan, serta analisis dokumen/jurnal terkait. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi Program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah melalui PT Pos Indonesia KCP Way Jepara belum berjalan dengan baik dikarenakan masih terdapat kendala yang cukup signifikan. Kendala-kendala tersebut mencakup ketidakcocokan data penerima manfaat, kurangnya adaptasi SDM sebagai sumber daya pendukung dalam penyaluran bantuan sosial terhadap situasi yang ada, peningkatan kontrol dalam distribusi BST, terdapat human error, serta memakan waktu yang lama ketika proses distribusi berlangsung.
Solusi yang diperlukan guna mengatasi tantangan dalam prosedur logistik BST di PT Pos Indonesia KCP Way Jepara meliputi perbaikan sistem pendataan untuk meningkatkan akurasi dan identifikasi penerima BST, peningkatan sumber daya pendukung dalam penyaluran BST, membuat aplikasi khusus dalam proses pencairan BST, terakhir memperkuat sistem koordinasi serta sinergi antara lembaga terkait.
Kata Kunci : Prosedur Logistik, Bantuan Sosial Tunai (BST), Distribusi, dan
COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prosedur Logistik, Bantuan Sosial Tunai (BST), Distribusi, dan COVID-19.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:08
Last Modified: 26 Sep 2023 04:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14836

Actions (login required)

View Item View Item