Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KEPUASAN APLIKASI CARIK JAKARTA MELALUI PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS PADA KADER DASA WISMA KELURAHAN TANJUNG BARAT)

SUGERI, RAUF AZHAR (2023) ANALISIS KEPUASAN APLIKASI CARIK JAKARTA MELALUI PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS PADA KADER DASA WISMA KELURAHAN TANJUNG BARAT). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RAUF EDIT2.pdf - Published Version

Download (256kB)

Abstract

Carik Jakarta merupakan aplikasi pendataan yang terintegrasi dan tersinkronisasi dengan perangkat daerah yang bertujuan untuk penilaian dan perumusan kebijakan terkait kesejahteraan keluarga dalam program Keluarga Satu Pintu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019. Carik Jakarta memiliki kekurangan pada performa aplikasi yang sering lambat dan keluar dari aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan kader Dasa Wisma pada aplikasi Carik Jakarta menggunakan model EUCS. Studi merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan metode cross-sectional pada kader Dasa Wisma Kelurahan Tanjung Barat dengan sampel sebanyak 100 responden pengambilan data melalui wawancara dan kuesioner. Variabel yang diteliti yaitu kepuasan pengguna sebagai variabel terikat dan untuk variabel bebas terdiri dari sosiodemografi, pelatihan dan orientasi, pengalaman, pengetahuan, dan model EUCS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas karakteristik responden berada pada usia 25-49 tahun, bekerja sebagai ibu rumah tangga dan lulusan SMA/MA/Sederajat. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa puas dengan aplikasi Carik Jakarta, mengikuti dan terbantu dengan pelatihan dan orientasi, mengalami kendala saat pengisian dan keluar aplikasi, aplikasi sulit diakses dalam kondisi tertentu, aplikasi memiliki akurasi yang baik, tampilan aplikasi yang jelas dan menarik, dan respon aplikasi yang cepat. Variabel yang memiliki hubungan dengan kepuasan pengguna yaitu pengalaman (p-value 0,008), akurasi aplikasi (p-value 0,001), tampilan aplikasi (p-value 0,001), kemudahan penggunaan (p-value 0,001), dan ketepatan waktu (p-value 0,001) dan variabel yang tidak memiliki hubungan dengan kepuasan pengguna yaitu umur (p-value 0,645), pendidikan terakhir (p-value 0,199), pekerjaan (p-value 0,262), pelatihan dan orientasi (p-value 0,673), pengetahuan (p-value 0,086), dan isi aplikasi (p-value 0,195).
Kata kunci : kepuasan pengguna, Carik Jakarta, ketahanan keluarga, EUCS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:06
Last Modified: 31 Aug 2023 04:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14762

Actions (login required)

View Item View Item