Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Fikosianin dari Ekstrak Spirulina platensis untuk Menginduksi Antiproliferasi dan Apoptosis pada Sel WiDr (Colon Cancer Cell Line)

Putri, Ajeng Kurniasari and Yuniati, Renni and Susilaningsih, Neni (2020) Efektivitas Fikosianin dari Ekstrak Spirulina platensis untuk Menginduksi Antiproliferasi dan Apoptosis pada Sel WiDr (Colon Cancer Cell Line). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (cover)
BAB COVER_AKP.pdf

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1_AKP.pdf

Download (148kB)
[img] Text (bab 2)
BAB 2_AKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3_AKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (bab 4)
BAB 4_AKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5_AKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (bab 6-dapus-lampiran)
BAB 6_DafPus_Lamp_AKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)

Abstract

Latar Belakang: Fikosianin dari ekstrak Spirulina platensis memiliki aktivitas antikanker terhadap berbagai jenis kultur sel kanker, namun demikian belum terdapat laporan ilmiah terkait pengaruhnya terhadap sel lestari pada kanker kolon, terutama WiDr. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan aktivitas antikanker fikosianin dari ekstrak Spirulina platensis pada sel WiDr. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental in vitro, dengan uji sitotoksisitas, antiproliferasi, serta apoptosis sebagai parameter antikanker. Baik sitotoksisitas dan antiproliferasi dilakukan melalui uji MTT untuk mengamati visualisasi dan penghambatan proliferasi oleh fikosianin pada konsentrasi yang berbeda dalam beberapa waktu inkubasi terhadap sel WiDr. Sedangkan uji apoptosis dilakukan dengan pengamatan double staining serta analisis flowcytometry. Data yang diperoleh kemudian diproses secara statistik dengan uji Two Way ANOVA pada nilai signifikansi p<0,05 dan diikuti dengan uji Post Hoc karena ada perbedaan yang signifikan. Hasil: Berdasarkan hasil diketahui bahwa fikosianin yang diekstraksi dari Spirulina platensis air tawar diklasifikasikan sebagai tidak beracun (IC50 sebesar 855 ug / ml). Sehingga, kurang potensial apabila digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk kanker usus besar. Namun, fikosianin dapat menghambat proliferasi sel WiDr sekitar 47,4%, khususnya pada konsentrasi 1710 ug / ml selama 72 jam. Selain itu, fikosianin dapat menginduksi apoptosis sel WiDr hingga 7,24% pada konsentrasi tertinggi 1710 ug / ml. Kesimpulan: Fikosianin air tawar kurang efektif sebagai zat antikanker. Sehingga informasi tersebut dapat memberikan bukti baru pada aspek ilmiah dari aktivitas kontradiktif fikosianin dari ekstrak Spirulina platensis air tawar sebagai agen antikanker kolon.
Kata Kunci: antikanker, kanker usus besar, fikosianin air tawar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: antikanker, kanker usus besar, fikosianin air tawar
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:01
Last Modified: 13 Jul 2023 04:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14750

Actions (login required)

View Item View Item