Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM INOVASI SISTEM CALL ONLINE VIA DIGITAL WHATSAPP (SI COVID) DI PUSKESMAS KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK

PURMITASARI, JULIA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM INOVASI SISTEM CALL ONLINE VIA DIGITAL WHATSAPP (SI COVID) DI PUSKESMAS KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO JULIA.pdf - Published Version

Download (302kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 pada 2020 menjadikan Puskesmas Kertosono membuat suatu program inovasi pendaftaran online untuk mengurai antrian di loket pendaftaran sehingga dapat mengurangi risiko tertularnya Covid-19. Program inovasi tersebut adalah SI COVID (Sistem Call Online Via Digital WhatsApp). Hingga saat ini program inovasi SI COVID masih berjalan dengan tujuan mengurai antrian di loket pendaftaran sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu tunggu pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kertosono. Tujuan penelitian ini adalah adalah menganalisis implementasi Program Inovasi SI COVID di Puskesmas Kertosono. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan indepth interview. Hasil penelitian menggunakan teori sistem menunjukkan aspek input terdapat variabel sumber daya manusia, anggaran/dana, sarana dan prasarana, dan pedoman/SOP sudah tersedia dan berjalan cukup efektif namun perlu ditingkatkan. Aspek proses terdapat variabel pengorganisasian dan penilaian yang sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Namun pada variabel perencanaan belum mencapai target dan pada variabel pelaksanaan, sosialisasi masih belum berjalan optimal. Terkait Aspek output yaitu pemanfaatannya masih rendah. Rendahnya pemanfaatan program inovasi SI COVID dikarenakan kurang optimalnya sosialisasi yang dilakukan oleh Puskesmas Kertosono.

Kata kunci : Program Inovasi, Pendaftaran Online, Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:59
Last Modified: 13 Jul 2023 02:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item