Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM INTERVENSI GIZI SPESFIK SEBAGAI UPAYA PENURUNAN STUNTING DI PUSKESMAS PATEAN KABUPATEN KENDAL

PURIANA, PILA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM INTERVENSI GIZI SPESFIK SEBAGAI UPAYA PENURUNAN STUNTING DI PUSKESMAS PATEAN KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO PILA.pdf - Published Version

Download (360kB)

Abstract

Program intervensi gizi spesifik merupakan salah satu upaya penurunan stunting yang menjadi tanggung jawab puskesmas. Pada tahun 2021 dan 2022 cakupan kegiatan intervensi gizi spesifik di Puskesmas Patean masih cenderung rendah terutama pada kegiatan suplementasi TTD, pemeriksaan kadar hemoglobin, kunjungan posyandu, ASI-Eksklusif dan MP-ASI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian adalah menganalisis implementasi program intervensi gizi spesifik sebagai upaya penurunan stunting di Puskesmas Patean. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Hasil menunjukkan bahwa implementasi program intervensi gizi spesifik di Puskesmas Patean belum optimal. Terdapat kendala dalam implementasi program yaitu komunikasi antara pihak puskesmas dengan pihak sekolah yang belum jelas, kualitas kader posyandu yang terbatas, anggaran pelaksanaan kegiatan yang terbatas, saran dan prasarana yang belum memadai dan belum sesuai dengan kebutuhan, komitmen pihak puskesmas dan kader posyandu dalam melaksanakan tugas belum baik, SOP kegiatan yang belum lengkap dan pembagian tugas yang belum merata dan belum sesuai dengan pedoman kebijakan. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa aspek komunikasi, sumber daya, sikap/disposisi dan struktur birokrasi yang belum maksimal dapat menjadi hambatan dalam mencapai keberhasilan implementasi program intervensi gizi spesifik sebagai upaya penurunan stunting di Puskesmas Patean.

Kata kunci : Intervensi gizi spesifik, remaja putri, balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:17
Last Modified: 13 Jul 2023 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item View Item