Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PESERTA MAGANG TERSTRUKTUR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Nagari, Megawati Sekar Langit Cahyaning and Fatmasari, Agustin Erna (2023) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PESERTA MAGANG TERSTRUKTUR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Full.pdf

Download (395kB)

Abstract

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro memfasilitasi penyelenggaraan Magang Terstruktur Fakultas untuk mahasiswa angkatan 2020 sebagai bentuk inovasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program Magang Terstruktur Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro merupakan kegiatan magang yang dilaksanakan dengan pembagian mahasiswa tempat magang sesuai dengan peminatan mahasiswa. Perubahan sistem magang ini membuat mahasiswa harus dapat menyesuaikan waktu untuk mengerjakan tugas mata kuliah dan tugas magang dalam waktu bersamaan yang dapat berpotensi menyebabkan munculnya stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan efektivitas komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan stres akademik yang dialami mahasiswa peserta Magang Terstruktur Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro secara empirik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah total 356 mahasiswa peserta Magang Terstruktur Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang mengikuti Magang Terstruktur Fakultas. Subjek penelitian yang berpartisipasi dalam pengambilan data sebanyak 206 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Convenience sampling digunakan untuk menyesuaikan dengan kemudahan mencapai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner fisik dengan skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Anak (47 aitem, α=0,957) dan skala Stres Akademik (33 aitem, α=0,922). Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman Rho dengan hasil koefisien korelasi r_xy = -0,37 dan p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan negatif signifikan antara hubungan efektivitas komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan stres akademik yang dialami mahasiswa peserta Magang Terstruktur Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Kata kunci : magang terstruktur, efektivitas komunikasi interpersonal orang tua-anak, stres akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:56
Last Modified: 05 Feb 2024 01:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14714

Actions (login required)

View Item View Item