Search for collections on Undip Repository

Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang Kabupaten Semarang

Ayuningtyas, Devinta and Budiraharjo, Kustopo and Roessali, Wiludjeng (2023) Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
bagian 1.pdf

Download (604kB)
[img] Text
bagian 2.pdf

Download (39kB)
[img] Text
bagian 3.pdf

Download (80kB)
[img] Text
bagian 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
bagian 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
bagian 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text
bagian 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Agroindustri kopi memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan di Indonesia karena memiliki prospek besar baik nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi prioritas yang tepat untuk pengembangan pemasaran produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang di Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan wawancara pengisian kuesioner oleh key informant dari internal dan eksternal perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan SuperDecisions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan terletak pada Kuadran I, sehingga strategi SO (Strength-Opportunity) yang diterapkan adalah mengoptimalkan pemanfaatan lahan perkebunan dan dukungan pemerintah serta organisasi terkait untuk meningkatkan produksi kopi, memanfaatkan keunggulan kualitas dan rasa kopi untuk memperkenalkan Java Coffee Tlogo pada pasar yang lebih luas, dan memperkuat merek Java Coffee Tlogo dengan memanfaatkan lokasi sebagai tempat wisata dan edukasi tentang kopi. Prioritas strategi utama adalah memanfaatkan keunggulan kualitas kopi untuk memperkenalkan Java Coffee Tlogo pada pasar yang lebih luas dengan meningkatkan promosi produk secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AHP, kopi, strategi pemasaran, SWOT
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:00
Last Modified: 05 Jan 2024 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item