Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYUR ORGANIK DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Pasar Modern Gelael Signature)

Banjarnahor, Asri Ulina and Setiadi, Agus and Prasetyo, Edy (2023) ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYUR ORGANIK DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Pasar Modern Gelael Signature). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy

Abstract

Produk sayur organik mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dibandingkan sayur anorganik, sehingga faktor harga menjadi salah satu penyebab konsumen menganggap produk sayur organik sebagai produk pangan yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis nilai rata-rata maksimum WTP konsumen yang bersedia membayar lebih untuk berbagai komoditas produk sayur organik dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesediaan membayar (WTP) kosumen terhadap berbagai komoditas produk sayur organik di Kota Semarang. Penelitian ini di laksanakan di 2 lokasi pasar modern di Kota Semarang dengan 100 responden yang dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling dan quota sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, analisis contingent valuation methode (CVM) untuk menghitung nilai rata-rata maksimum willingness to pay (WTP) dan analisis regresi logistik untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai WTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen adalah perempuan, berusia 41-50 tahun, pendidikan terakhir Strata 1, jumlah anggota keluarga 4 orang dan pendapatan Rp 3.000.000 – Rp 5.999.999. Sebanyak 82% bersedia membayar lebih dengan peningkatan 8,15% sampai dengan 9,34%. Faktor usia, tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, pendapatan, harga produk dan kualitas produk secara serempak mempunyai pengaruh terhadap kesediaaan membayar konsumen produk sayur organik. Sedangkan secara pasial pendapatan dan harga produk berpengaruh terhadap kesediaan membayar kosumen produk sayur organik.

Kata Kunci: CVM, kesediaan membayar, regresi logistik, sayur organik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CVM, kesediaan membayar, regresi logistik, sayur organik
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:58
Last Modified: 05 Jan 2024 03:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14691

Actions (login required)

View Item View Item