Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU POLA MAKAN LANSIA YANG MENDERITA HIPERTENSI (Studi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lumbanlobu Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba)

SITORUS, RISMA IRMAWATY RAULISABETH (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU POLA MAKAN LANSIA YANG MENDERITA HIPERTENSI (Studi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lumbanlobu Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RISMA IRMA.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah dan dikontrol dengan penanganan yang tepat. Tujuan: menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku pola makan lansia yang menderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Lumban Lobu. Metode: Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan metode kuantitatif. Desain studi penelitian ini adalah cross sectional dengan jumlah sampel 125 responden. Hasil: Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (60,8%). Sebanyak 55,2% responden memiliki pengetahuan yang yang baik, sebanyak 39,2% responden memiliki sikap yang positif, dan sebanyak 52,8% responden memiliki perilaku yang sehat. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap lansia dengan perilaku pola makan Saran: Perlu adanya penyuluhan atau pelatihan mengenai perilaku pola makan pada kejadian hipertensi lansia dengan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkhusus lansia mengenai pola makan.
Kata kunci: Hipertensi;Pengetahuan;Sikap;Perilaku;Lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:09
Last Modified: 11 Jul 2023 05:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14662

Actions (login required)

View Item View Item