Search for collections on Undip Repository

KOMBINASI SUPLEMENTASI OMEGA 3 DENGAN RESTRIKSI KALORI TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS SPRAGUE DAWLEY : Kajian Pada VEGF dan Re-epitelisasi

Ardha, Doglas Rama Bayu and Dharmana, Edi and Prabowo, Erik (2019) KOMBINASI SUPLEMENTASI OMEGA 3 DENGAN RESTRIKSI KALORI TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS SPRAGUE DAWLEY : Kajian Pada VEGF dan Re-epitelisasi. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
Tesis- BAB 0 -Cover Abstrak - Doglas Rama Bayu Ardha - Copy.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1)
Tesis- BAB I Doglas Rama Bayu Ardha.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2)
Tesis- BAB II Doglas Rama Bayu Ardha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB 3)
Tesis- BAB III Doglas Rama Bayu Ardha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB 4)
Tesis- BAB IV Doglas Rama Bayu Ardha (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB 5)
Tesis- BAB V Doglas Rama Bayu Ardha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (BAB 6)
Tesis- BAB VI Doglas Rama Bayu Ardha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)

Abstract

Latar Belakang: Cedera sel yang luas pada luka bakar akan melepaskan banyak mediator inflamasi. Respon tubuh yang berlebihan pada keadaan tersebut akan memperberat kerusakan sel yang sudah terjadi. Nutrisi yang kurang dan infeksi akan menyebabkan luka bakar berakhir menjadi luka kronis yang membutuhkan penanganan lebih rumit. Suplementasi omega 3 mungkin dapat membantu penyembuhan luka bakar.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian kombinasi suplementasi omega 3 dengan restriksi kalori terhadap penyembuhan luka bakar pada tikus Sprague Dawley, diinjau dari kadar Vascular endothelial growth factor (VEGF) dan derajat re-epitelisasi.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilakukan pada 24 tikus yang terbagi menjadi 4 kelompok: kelompok kontrol (K1), kelompok retriksi kalori (P1), kelompok suplementasi Omega 3 (P2), dan kelompok kombinasi suplementasi omega 3 dan retriksi kalori (P3). Suplementasi Omega 3 diberikan dalam bentuk kombinasi yang terdiri dari minyak kedelai 30%, trigliserida rantai sedang 30%, minyak zaitun 25%, dan minyak ikan 15%, dengan dosis 2 g/kgBB/hari. Kelompok restriksi kalori mendapatkan makanan 40% lebih sedikit daripada kelompok kontrol.
Hasil: Kadar VEGF antar kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan (p< 0,05; One-way Anova), dengan kadar tertinggi didapatkan pada kelompok kombinasi suplementasi omega 3 dan restriksi kalori (P3). Perbedaan bermakna juga tampak pada perbaikan luas re-epitelisasi, di mana kelompok P3 menunjukkan area re-epitelisasi yang terluas (p<0.05; Kruskal Wallis), namun tidak berbeda bermakna dibanding kelompok suplementasi omega 3 saja (p=0.262).
Kesimpulan: Kombinasi suplementasi omega 3 dengan retriksi kalori berpengaruh signifikan terhadap penyembuhan luka bakar pada tikus Sprague Dawley.
Kata kunci :Penyembuhan Luka bakar, Sprague Dawley, Omega 3, Retriksi Kalori

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyembuhan Luka bakar, Sprague Dawley, Omega 3, Retriksi Kalori
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:33
Last Modified: 10 Jul 2023 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item