Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Fear of Missing Out (FoMO) dengan Phone Snubbing (Phubbing) pada Mahasiswa Pengurus Inti Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Universitas di Universitas Diponegoro

Umairah, Rana and Sawitri, Dian Ratna (2023) Hubungan antara Fear of Missing Out (FoMO) dengan Phone Snubbing (Phubbing) pada Mahasiswa Pengurus Inti Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Universitas di Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (17kB)

Abstract

Mahasiswa pengurus inti organisasi kemahasiswaan perlu untuk menjaga relasi dengan rekan organisasinya. Semakin banyak relasi yang ingin dibentuk, maka semakin mungkin seseorang menggunakan media sosial dan mengalami FoMO. Tuntutan berkomunikasi juga dapat mempengaruhi perilaku phubbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara FoMO dengan phubbing pada mahasiswa pengurus inti organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Diponegoro. Hipotesis dalam penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara fear of missing out (FoMO) dengan phone snubbing (phubbing) pada mahasiswa pengurus inti organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah 232 mahasiswa pengurus inti organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Diponegoro dengan sampel penelitian sebanyak 113 mahasiswa (rata-rata usia = 19,72 tahun), yang ditetapkan melalui dispropotionate stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan Skala Phone Fear of Missing Out dan Skala Phone Snubbing. Hasil analisis regresi non linier terhadap data penelitian menunjukkan koefisien regresi rxy = 0,33 dengan p = 0,22 (p>0,05) yang berarti tinggi rendahnya FoMO tidak diikuti dengan tinggi rendahnya phubbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:23
Last Modified: 05 Feb 2024 03:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item