Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terpaan Pemberitaan Puan Maharani di Kompas.com terhadap Citra Politik Puan Maharani dan Dampaknya pada Elektabilitas Puan Maharani sebagai Bakal Capres

Hendratmoko, Hasan (2023) Pengaruh Terpaan Pemberitaan Puan Maharani di Kompas.com terhadap Citra Politik Puan Maharani dan Dampaknya pada Elektabilitas Puan Maharani sebagai Bakal Capres. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (559kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (675kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (208kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Salah satu produk dari pemberitaan di media massa adalah politik. Pemberitaan politik di media memberikan informasi seputar politik dan dapat membantu masyarakat dalam menyikapi dan ikut mengawasi proses politik di negara ini. Pada periode Januari – Desember tahun 2022 beberapa waktu yang lalu portal berita online Kompas.com sering menyorot Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani karena kebijakan-kebijakannya yang mengundang atensi publik. Pada saat itu pula ramai pemberitaan mengenai para kandidat politik yang akan ikut pada kontestasi politik tahun 2024 nanti. Puan Maharani sendiri juga dikatakan akan mengikuti ajang politiktersebut. Akan tetapi, dengan pemberitaannya pada portal Kompas.com yang mengundang atensi publik dapat membentuk persepsi publik terkait citra politiknya yang akan mempengaruhi elektabilitasnya sebagai bakal Capres.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan pemberitaan Puan Maharani di Kompas.com terhadap citra politik Puan Maharani dan dampaknya pada elektabilitas Puan Maharani sebagaibakalCapres. Teori yang digunakandalampenelitianiniadalahteoriUses and Effect dan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan menggunakan teknik pengambilan sampelnon-probabilty sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang dengan karakteristik usia 17 – 40 tahun, tertepa pemberitaan Puan Maharani di Kompas.com, berdomisili di Jawa Tengah terutama di salah satu dari 17 Kota/Kabupaten dimana PDI-P menjadi pemenang pilkada Jawa Tengah tahun 2020, antara lain di Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonosobo, Kota Solo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Demak, Kota Pekalongan, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan pemberitaan Puan Maharani di Kompas.com (X) dengan citra politik Puan Maharani (Z) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,197 yang berarti tidak signifikan. Selanjutnya, citra politik Puan Maharani (Z) dengan elektabilitas Puan Maharani sebagai bakal Capres (Y) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti sangat signifikan dengan nilai koefisien korelasi adalah adalah 0,618. Nilai ini menunjukkan bahwa hubungan variabel independen (citra politik Puan Maharani) dengan variabel dependen (elektabilitas Puan Maharani sebagai bakalCapres) adalah sebesar 0,618 (61,8%) dan menunjukkan pengaruh positif antar kedua variabel.

Kata kunci : Terpaan Pemberitaan, Citra Politik, Elektabilitas, Media, Komunikas iPolitik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:56
Last Modified: 10 Jul 2023 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14529

Actions (login required)

View Item View Item