Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PASAR SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSI TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Wirasti, Dyah Ayu Woro (2023) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PASAR SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSI TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (135kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Pasar modal dianggap efisien jika harga saham mencerminkan informasi yang tersedia. Pengumuman aksi korporasi, termasuk stock split, memberikan informasi berharga kepada calon investor sebelum berinvestasi. Stock split dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan atau menunjukkan kinerjanya dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang beragam mengenai kinerja pasar sebelum dan sesudah stock split. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja pasar sebelum dan sesudah stock split yang diukur dengan Earning Per Share, Price Earning Ratio, Price to Book Value pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori pada perusahaan terdaftar BEI sektor barang konsumsi yang melakukan stock split antara 2015-2018. Data kuantitatif diperoleh dari situs web BEI sebagai data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data melibatkan statistik deskriptif, uji normalitas, serta uji hipotesis.
Diberdasarkan hasil uji Wilcoxon Sign Rank, terdapat perbedaan signifikan pada Earning Per Share sebelum dan setelah stock split dengan nilai signifikansi 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa stock split mempengaruhi Earning Per Share dan dianggap menguntungkan bagi perusahaan dan investor. Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan pada Price Earning Ratio dan Price to Book Value baik sebelum dan sesudah stock split. Meskipun PER dan Price to Book Value tidak signifikan, perusahaan masih mengambil kebijakan stock split untuk meningkatkan partisipasi investor dan meningkatkan kinerja perusahaan. Tingkat keuntungan yang tinggi akan memberikan Earning Per Share yang tinggi, menunjukkan kinerja perusahaan yang baik.
Stock split perlu dipertimbangkan secara hati-hati oleh perusahaan, karena kebijakan ini tidak selalu berdampak signifikan pada rasio pasar saham. Manajemen perusahaan sektor konsumsi sebaiknya fokus pada optimalisasi Earning Per Share untuk mencapai kinerja dan laba yang baik. Kinerja perusahaan yang baik akan membawa laba yang lebih optimal dan efisien. Investor juga perlu mempertimbangkan stock split sebagai faktor penting dalam keputusan investasi, karena berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share. Earning Per Share merupakan variabel yang penting dalam menganalisis kinerja perusahaan dan pasar.

Kata kunci: kinerja pasar, stock split, Earning Per Share, Price Earning Ratio, Price to Book Value.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:27
Last Modified: 07 Jul 2023 02:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14528

Actions (login required)

View Item View Item