Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MARKETPLACE LAZADA DI KOTA SEMARANG

Tampubolon, Ekho Panorangi (2023) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MARKETPLACE LAZADA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (991kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (302kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini secara signifikan berdampak pada pola perilaku
kehidupan manusia pelaku usaha dituntut untuk dapat memberikan jawaban bagi
permasalahan yang dialami oleh konsumen sebelum melakukan keputusan
pembelian seperti kecepatan, kepraktisan, kemudahan, keamanan dan
kenyamanan. Marketplace yang berkembang di Indonesia saat ini dan menjadi
objek penelitian adalah Lazada. Berdasarkan data iprice.co.id sejak tahun 2017
lazada mengalami penurunan jumlah pengunjung secara signifikan, penurunan
jumlah pengunjung akan berisiko pada penurunan penjualan pada marketplace
lazada. Hal ini mengindikasikan bahwa keputusan pembelian konsumen pada
lazada saat ini masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality,
Online customer review dan harga terhadap keputusan pembelian secara online
pada marketplace lazada di kota semarang. tipe penelitian explanatory research
dengan pendekatan kuantitatif. Populasipada penelitian ini adalah pengguna
Lazada di Kota Semarang, dengan sampel sebanyak 100 orang menggunakan
teknik pengampilan sampel nonprobability sampling dan pendekatan purposive
sampling. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Penelitian ini
menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas,
koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda,
signifikasi uji t dan uji f dengan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkanvariabel E-Service Quality berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Online customer
review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian,
variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
serta variabel E-service quality, Online customer review dan Harga secara
bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Adapun saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka
meningkatkan keputusan pembelian konsumen di marketplace lazada adalah
mengoptimalkan keseuaian pengiriman barang dengan waktu yang ditentukan,
lazada melakukan evaluasi mingguan terkait karyawan yang bekerja di bagian
costumer service supaya dapat bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku,
lazada lebih bijak lagi dalam menyeleksi penjual di lazada supaya mengurangi
risiko penipuan karena menampilkan produk yang tidak sesuai serta
mempermudah konsumen dalam melakukan retur barang maupun refund dana
kerugian, lazada maupun penjual yang ada di lazada menjamin kualitas review
yang diberikan, serta lazada diharapkan mampu memaksimalkan peranan harga
dalam meningkatkan keputusan pembelian
Kata kunci: E-Service Quality, Online customer review, Harga, Keputusan
Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:28
Last Modified: 07 Jul 2023 02:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14526

Actions (login required)

View Item View Item