Search for collections on Undip Repository

DIMENSI E-GOVERNMENT SERVICE QUALITY (E-GOVQUAL) PADA SITUS https://sibooky.semarangkota.go.id/ DI KOTA SEMARANG

Widyaningtyas, Alvita (2023) DIMENSI E-GOVERNMENT SERVICE QUALITY (E-GOVQUAL) PADA SITUS https://sibooky.semarangkota.go.id/ DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-1-18.pdf - Submitted Version

Download (549kB)
[img] Text
BAB 1_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-19-79.pdf - Submitted Version

Download (608kB)
[img] Text
BAB 2_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-80-104.pdf - Submitted Version

Download (656kB)
[img] Text
BAB 3_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-105-232.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB 4_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-233-236.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-237-241.pdf - Submitted Version

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Skripsi_Alvita Widyaningtyas (14020119140175)-242-248.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah perlu menghadirkan informasi yang relevan seiring dengan perkembangan zaman guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengembangan perpustakaan digital sebagai sarana pemerintah menyediakan segala kebutuhan informasi pun sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tanggapan masyarakat akan pelayanan perpustakaan digital melalui perbandingan antara nilai persepsi (tanggapan) publik akan kinerja pelayanan dengan nilai harapan yang diekspektasikan oleh masyarakat dalam pelayanan perpustakaan digital melalui situs web https://sibooky.semarangkota.go.id/ di Kota Semarang dengan menggunakan dimensi electronic government service quality (e-GovQual). Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan variabel tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan total 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat akan kinerja pelayanan Si Booky secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori Baik, dengan nilai harapan secara keseluruhan termasuk dalam kategori Sangat Baik yang berarti masyarakat sebagai pengguna situs web Si Booky memiliki tingkat ekspektasi/harapan yang tinggi akan kehadiran situs web ini dalam memenuhi kebutuhan mereka. Perbandingan antara kedua nilai tersebut mencapai kesesuaian sebesar 81,5% sehingga termasuk ke dalam kategori Cukup Puas. Namun, masih terdapat empat sub-indikator dimensi e-GovQual yang belum mencapai persepsi yang baik sehingga perlu ditingkatkan, yaitu kelengkapan sajian informasi dan koleksi; kesesuaian penggunaan data dan informasi milik pengguna dengan layanan yang diminta dan/atau dibutuhkan; pemisahan dan pembatasan akses informasi dan data pribadi antar pengguna; kemudahan penjelasan pengelola dalam menjawab pertanyaan pengguna yang memiliki skor terendah, sehingga menjadikan keempat sub-indikator tersebut termasuk ke dalam kuadran 1 sebagai prioritas utama yang harus diperhatikan dalam pengembangan pelayanan perpustakaan digital bertajuk Si Booky. Kata Kunci: E-Government, Kualitas, Pelayanan, Perpustakaan Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:30
Last Modified: 07 Jul 2023 02:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14522

Actions (login required)

View Item View Item