Search for collections on Undip Repository

DIALEKTIKA PASANGAN HUBUNGAN ROMANTIS YANG BERKENALAN MELALUI APLIKASI KENCAN ONLINE TINDER

Yulinta, Martha Caesarin Putri (2023) DIALEKTIKA PASANGAN HUBUNGAN ROMANTIS YANG BERKENALAN MELALUI APLIKASI KENCAN ONLINE TINDER. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (606kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (490kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (262kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (131kB)
[img] Text
Dafpus.pdf - Submitted Version

Download (191kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

ABSTRAKSI
Judul Skripsi : Dialektika Pasangan Hubungan Romantis yang Berkenalan Melalui Aplikasi Kencan Online Tinder Nama : Martha Caesarin Putri Yulinta NIM : 14040118120011 Jurusan : Ilmu Komunikasi

Berkembangnya teknologi memberikan kemudahan akses untuk menjalin hubungan, salah satunya adalah dengan munculnya aplikasi kecan online seperti Tinder. Adanya berbagai alasan yang mendasari penggunaan aplikasi ini, mulai dari menambah relasi atau menemukan pasangan yang serius membuat masyarakat menggunakan aplikasi Tinder hingga tercatat ada 210 juta pengguna aktif aplikasi Tinder. Namun, meningkatnya kasus kekerasan seperti sexting, cyber harassment hingga penipuan yang dilakukan oleh oknum tertentu yang menggunakan aplikasi kencan online ini menimbulkan kecemasan bagi pengguna. Oleh karena itu, peneliti menelaah secara lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana dialektika yang terjadi serta strategi yang digunakan pasangan yang berkenalan melalui aplikasi online Tinder dalam menghadapi dialektika yang terjadi. Pada penelitian ini, peneliti melakukan analisis data dengan metode fenomenologi dan teknik anlisis wawancara mendalam. Kemudian, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dialektika Relasional milik Lexlie Baxter dan Barbera M. Montgomery, Teori Self Disclosure oleh West and Turner, serta Teori Pemrosesan Informasi Sosial dari Joseph B. Walther. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa para informan menggunakan aplikasi kencan Tinder dengan beberapa alasan seperti rasa penasaran, menemukan teman baru hingga pasangan hidup. Pasangan yang terbentuk melalui aplikasi kencan ini melewati serangkaian tahapan yang membentuk dinamika pengalaman dialektika sebagai pasangan dalam hubungan romantis. Di mana hal tersebut juga berkaitan dengan konsep dari dialektika relasional internal seperti connectedness and separatedness (penghubungan dan pemisahan), certainty and uncertainty (kepastian dan ketidakpastian), dan openness and closedness (keterbukaan dan ketertutupan). Selanjutnya, untuk menghadapi berbagai dilema dalam menjalin hubungan romantis melalui aplikasi kencan ini, peneliti mendapati beberapa respon dan strategi yang digunakan oleh informan yaitu dengan cara menyeimbangkan ketegangan dialektis, melakukan strategi pemisahan sementara, serta pemisahan segmen-segmen dalam kehidupan. Dengan menggunakan strategi tersebut, informan dapat meredakan ketegangan hubungan yang muncul dan cenderung menerima dan menggunakan kesempatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman antar pasangan dan juga memperkuat kedekatan hubungan.

Kata Kunci: Dialektika Relasional, Pengalaman Hubungan Romantis, Strategi Dialektika, Aplikasi Tinder, Fenomenologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:10
Last Modified: 07 Jul 2023 03:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item