Search for collections on Undip Repository

Hubungan Terpaan Berita Kenaikan Angka Kasus Positif Covid-19 di Media Sosial dan Persepsi Kerentanan Terhadap Tingkat Kecemasan Pegawai Rumah Sakit

Ramadani, Yolanda (2023) Hubungan Terpaan Berita Kenaikan Angka Kasus Positif Covid-19 di Media Sosial dan Persepsi Kerentanan Terhadap Tingkat Kecemasan Pegawai Rumah Sakit. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (415kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (702kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (103kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Selama pandemi COVID-19 media sosial banyak digunakan untuk menghilangkan kejenuhan, mempromosikan produk, dan berbagi berita tentang pandemi terbaru. Meningkatnya jumlah kasus COVID-19 dan banyaknya paparan berita terkait COVID-19 dapat mengakibatkan timbulnya rasa kerentanan pada seseorang. Seseorang yang mengalami persepsi kerentanan berlebihan akan menimbulkan rasa kecemasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan perita kenaikan angka kasus positif COVID-19 di meda sosial dan persepsi kerentanan terhadap tingkat kecemasan pegawai rumah sakit. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan non-probability sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teori yang digunakan Information Integration Theory dan Model Persepsi Resiko. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Kendall.
Hasil uji hipotesis pertama (H1) dalam penelitian ini yaitu tidak adanya hubungan antara terpaan berita kenaikan angka kasus positif COVID-19 di media sosial(X1) terhadap tingkat kecemasan pegawai rumah sakit (Y) dan Information Integration Theory yang digunakan untuk menjelaskan hubungan atau kolerasi dua variabel terpaan berita kenaikan angka kasus positif COVID-19 di media sosial (X1) terhadap tingkat kecemasan pegawai rumah sakit (Y) juga tidak dapat digunakan.. Hasil uji hipotesis yang kedua (H2) dalam penelitian ini yaitu menunjukkan adanya hubungan antara persepsi kerentanan (X2) terhadap tingkat kecemasan pegawai rumah sakit (Y) dan Model Persepsi Resiko dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara kedua variabel persepsi kerentanan (X2) terhadap tingkat kecemasan pegawai rumah sakit (Y).
Kata kunci : COVID-19, Persepsi Kerentanan, Pegawai Rumah Sakit, Kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:21
Last Modified: 07 Jul 2023 03:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item