Search for collections on Undip Repository

UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES FRAKSI ETIL ASETAT BUNGA TELANG (Clitoria ternatea.) PADA TIKUS YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Laksono, Yunanto Dwi and Sunarsih, Endang Sri and Utami, Widyaningrum (2023) UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES FRAKSI ETIL ASETAT BUNGA TELANG (Clitoria ternatea.) PADA TIKUS YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (YUNANTO DWI LAKSONO-22010319140076-ABSTRAK-KTI)
YUNANTO DWI LAKSONO-22010319140076-ABSTRAK-KTI.pdf

Download (31kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus merupakan ketidakmampuan tubuh dalam melakukan sekresi insulin sehingga menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah. Bunga telang berpotensi sebagai antidiabetes pada tikus. Namun, belum ada yang melaporkan aktivitas antidiabetes fraksi etil asetat bunga telang.
Tujuan: Mengetahui aktivitas antidiabetes fraksi etil asetat bunga telang dalam menurunkan kadar glukosa darah dan berat badan tikus yang diinduksi aloksan serta dosis efektif fraksi etil asetat dalam menurunkan kadar glukosa darah.
Metode: Bunga telang yang sudah determinasi kemudian diekstraksi menggunakan etanol dan fraksinasi menggunakan etil asetat. Fraksi etil asetat yang telah dilakukan karakterisasi, kemudian dilakukan uji aktivitas antidiabetes pada tikus yang diinduksi aloksan. Analisis data menggunakan t-paired test dengan dosis fraksi etil asetat 150 mg/kgBB, 300 mg/kgBB dilanjut dengan One Way ANNOVA.
Hasil: Fraksi etil asetat bunga telang memiliki pengaruh terhadap penurunan glukosa darah dan peningkatan berat badan pada tikus yang diinduksi aloksan. Fraksi etil asetat dosis 300 mg/kgBB memiliki selisih penurunan kadar glukosa darah paling besar 45,5986 mg/dl dan menunjukan perbedaan tidak bermakna dengan acarbose (P=0,147).
Kesimpulan: Fraksi etil asetat bunga telang memiliki aktivitas terhadap kenaikan penurun glukosa darah dan kenaikan berat badan pada tikus yang diinduksi aloksan. Fraksi etil asetat bunga telang memiliki aktivitas antidiabetes terhadap tikus yang diinduksi aloksan dengan dosis efektif 300 mg/kgBB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antidiabetes, bunga telang, tikus, aloksan, fraksi etil asetat
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Jul 2023 05:09
Last Modified: 05 Jul 2023 05:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

View Item View Item