Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Karyawan Swasta Konsumen Starbucks Coffee di Paragon Mall Semarang)

SAPUTRI, DEWI ANDINI (2023) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Karyawan Swasta Konsumen Starbucks Coffee di Paragon Mall Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (992kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (414kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (416kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingginya konsumsi kopi sejalan dengan pertumbuhan kedai kopi di Indonesia.
Starbucks merupakan merek kedai kopi dari Amerika Serikat yang kedainya
tersebar di kota besar Indonesia termasuk Semarang. Berdasarkan Top Brand
Index, posisi Starbucks Coffee berada di urutan pertama namun persentase masih
fluktuasi. Parameter Top Brand Index salah satunya market share yang berkaitan
dengan pembelian konsumen. Jenis pembelian yang berdampak baik untuk
perusahaan adalah impulse buying. Dilihat dari pra penelitian terjadi permasalahan
faktor impulse buying hedonic shopping motivation yakni ramainya Starbucks
Coffee Paragon Mall Semarang sehingga beberapa konsumen merasa kurang
senang, mengenai price discount varian menu yang mendapatkan diskon terbatas.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh hedonic shopping
motivation dan price discount terhadap impulse buying. Tipe penelitiannya adalah
explanatory research, sampel yang diambil menggunakan non probability
sampling dengan pendekatan purposive sampling dan accidental sampling. Data
dikumpulkan dari pengisian kuesioner kepada 97 responden, setelah valid dan
reliabel kemudian dianalisis menggunakan koefisien korelasi, koefisien
determinasi, uji t dan F, serta regresi linear dengan software SPSS for windows
versi 26.
Hasil penelitian bahwa hedonic shopping motivation dan price discount
berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying baik parsial maupun
simultan di Starbucks Coffee Paragon Mall Semarang. Variabel dominan yang
berpengaruh dilihat dari regresi linear berganda adalah hedonic shopping
motivation. Terdapat item yang dibawah rata-rata dari hedonic shopping
motivation yakni adventure shopping dan idea shopping sehingga disarankan
Starbucks menyediakan menu yang lebih menarik dan lebih trendy, selain itu dari
variabel price discount yang masih di bawah rata-rata yaitu frekuensi diskon
sehingga disarankan pemberian diskon lebih sering dengan menu yang
mendapatkan potongan harga lebih beragam.
Kata kunci : Hedonic Shopping Motivation, Impulse Buying, Price Discount

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:27
Last Modified: 04 Jul 2023 08:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item