Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TERPAAN PROMOSI @EMBUNSENJA_SMG DI INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA STORY INSTAGRAM DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN KONSUMEN KEPADA KAFE EMBUN SENJA

LABIB, MUHAMMAD FAZA (2023) HUBUNGAN TERPAAN PROMOSI @EMBUNSENJA_SMG DI INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA STORY INSTAGRAM DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN KONSUMEN KEPADA KAFE EMBUN SENJA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (566kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (308kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (92kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Industri UMKM menawarkan banyak kemudahan dalam memperoleh
modal usaha tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Industri UMKM juga
memiliki beragam produk yang dapat dipasarkan. Berlalunya pandemi COVID-19
menumbuhkan kebiasaan baru di masyarakat dengan bekerja secara daring seperti
dirumah atau di kafe. Semakin merambahnya kegiatan yang dilakukan secara
daring, dimanfaatkan Kafe Embun Senja dalam melakukan kegiatan marketing
secara daring melalui sosial media instagram dengan posting foto atau video
melalui feed instagram atau pada story dalam memasarkan produk yang akan
dijual. Hal tersebut tidak lepas dengan Electronic Word of Mouth mengingat
instagram bersifat terbuka untuk semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan terpaan promosi @embunsenja_smg di instagram dan
electronic word of mouth pada story Instagram dengan tingkat
kepercayaan konsumen terhadap kafe Embun Senja, dengan menggunakan Teori
Respon Kognitif dan Teori Electronic Word of Mouth.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lebih dari
seluruh responden cukup mengetahui dan mempunyai informasi tentang promosi
yang disampaikan Kafe Embun Senja melalui media sosial Instagramnya yaitu
@embunsenja_smg, Sebanyak 37 responden merasa story Instagram
@embunsenja_smg cukup efektif untuk menyebarkan informasi mengenai produk
yang dilakukan Kafe Embun Senja, dan mayoritas responden memiliki tingkat
kepercayaan sedang kepada Kafe Embun Senja. Berdasarkan hasil penelitian yang
menggunakan analisis Kendall’s Tau-b dan memiliki sampel sebanyak 50
responden ini, diketahui bahwa antar variabel yang diteliti memiliki hubungan.
Variabel terpaan promosi @embunsenja_smg di Instagram dan tingkat
kepercayaan konsumen terhadap kafe Embun Senja mempunyai nilai 0,009. ≤
0.05 dan terbukti signifikan. Begitu pula variabel electronic word of mouth pada
story instagram dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap kafe Embun Senja
mempunya nilai 0.050. ≤ 0.05 dan terbukti signifikan. Kedepanya kafe Embun
Senja diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap terkait promosi
yang akan dilakukan dan diharapkan untuk peneliti dapat menggunakan variabel
yang lain seperti terpaan iklan, minat pembelian dan sikap konsumen.
Kata Kunci: Promosi Embun Senja, Electronic word of mouth Story
Instagram, Kepercayaan Konsumen Embun Senja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:32
Last Modified: 04 Jul 2023 08:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item