Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP ACTUAL SYSTEM USE MELALUI INTENTION TO USE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA LAYANAN SUBSCRIPTION VIDEO ON DEMAND (Studi pada Pengguna Netflix di Kota Semarang)

Puspitasari, Annisa (2023) PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP ACTUAL SYSTEM USE MELALUI INTENTION TO USE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA LAYANAN SUBSCRIPTION VIDEO ON DEMAND (Studi pada Pengguna Netflix di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (604kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (221kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di masa ini berdampak banyak bagi kehidupan masyarakat, salah satunya internet yang banyak berkembang seiring perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi dan internet mengubah pola perilaku konsumen, yang sebelumnya banyak mencari hiburan melalui televisi, kini banyak yang beralih untuk mencari hiburan melalui internet, salah satunya dengan layanan subscription video on demand (SVOD). Netflix adalah salah satu perusahaan penyedia layanan SVOD, yang pada beberapa tahun belakangan ini mengalami jumlah penurunan pengguna. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, hal ini akan menjadi permasalahan yang mengganggu keberlangsungan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap actual system use melalui intention to use sebagai variabel intervening. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability dengan metode purposive sampling dan accidental sampling. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna Netflix yang bertempat tinggal tetap atau sementara di Kota Semarang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.9.

Hasil dari penelitian ini adalah perceived ease of use dan perceived usefulness memiliki pengaruh terhadap actual system use, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui intention to use. Hubungan intention to use sebagai variabel intervening adalah partial mediation bagi kedua variabel independen. Saran yang dapat diberikan bagi Netflix antara lain yaitu terus melakukan pengembangan platformnya serta memenuhi kebutuhan pengguna, serta memperhatikan strategi penentuan harga.

Kata kunci: technology acceptance model, perceived ease of use, perceived usefulness, intention to use, actual system use.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:46
Last Modified: 04 Jul 2023 08:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item